Channel E – Musikus yang juga seorang dokter ahli bedah, Tompi, mengungkapkan kegelisahannya soal jaminan hari tua para musisi yang belum diperhatikan dengan baik. Hal ini merupakan permasalahan yang belum terselesaikan.

Sebenarnya ini problem klasik. Jaminan kesehatan musisi, jaminan hari tua musisi,” kata Tompi saat ditemui di M bloc Space, Jakarta Selatan, Senin (25/11).

gambar istimewa

Glenn Fredly kerap membicarakan permasalahan kesejahteraan musisi pada usia senja. Menurut Tompi, hal tersebut adalah permasalahan yang hingga kini belum bisa teratasi. “Sebenarnya ini problem klasik yang sampai sekarang masih sih dan itu yang saya sama Glenn tiap ngobrol selalu jadi topiknya,” kata Tompi saat ditemui di Bloc Space, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).

“Jaminan kesehatan musisi, jaminan hari tua musisi, terus bagaimana menjadikan karya-karya musisi ini bisa jadi aset yang ada value uangnya,” sambungnya. Tompi menuturkan, karya-karya para musisi belum bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual meski telah menghasilkan keuntungan bagi mereka yang menggunakannya. “Misalnya Glenn punya lagu nih “Januari”, lagunya meledak kan? Semua orang tahu lagu itu. Nah, kalau Glenn datang ke bank bawa lagu itu sebagai jaminan pinjaman, enggak bisa,” ucap Tompi.

“Padahal lagu itu sudah menghasilkan uang puluhan miliar. Artinya punya value kan?” lanjutnya. Pelantun tembang “Sedari Dulu” itu pun menaruh harapan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. “Mudah-mudahan di bawah Pak Wishnutama yang sekarang ada pemikiran menjadikan ini sebagai aset. Dengan demikian musisi punya pegangan. Karyanya terukur dan bisa dijadikan pijakan untuk mencari modal,” ujar Tompi.

Tompi pun berharap hal tersebut bisa diwujudkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama. Dengan begitu, kesejahteraan musisi bisa lebih diperhatikan.

“Mudah-mudahan di bawah Pak Wishnutama yang sekarang ada pemikiran menjadikan ini sebagai aset. Dengan demikian musisi punya pegangan. Karyanya terukur dan bisa dijadikan pijakan untuk mencari modal,” ujar Tompi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here