Channel E – Kota Jepara identik dengan sejarahnya yang merupakan tempat kelahiran Ibu Kartini, pahlawan emansipasi wanita Indonesia. Namun, kota ini tidak hanya meninggalkan jejak sejarah yang membekas. Salah satu kota di provinsi Jawa Tengah ini juga terkenal dengan seni ukirnya yang telah melanglang buana ke seluruh penjuru dunia.

Tidak hanya itu saja jepara juga memiliki tempat wisata yang tak boleh terlewatkan. Mungkin Jepara belum sepopuler Bali atau Lombok sebagai destinasi wisata domestik maupun mancanegara. Tapi jangan salah, kabupaten yang berbatasan dengan Laut Jawa ini punya banyak tempat wisata eksotis dan unik yang bakal membuat wisatawan berdecak kagum.

Banyak orang mengenal Kabupaten Jepara karena keberadaan Kepulauan Karimunjawa yang disebut sebagai salah satu “surga” bawah laut di Indonesia. Ternyata gak cuma itu saja Jepara memiliki banyak atraksi wisata alam yang layak kamu kunjungi untuk menghabiskan liburan akhir tahun kamu.

1. Pulau Panjang

gambar istimewa

Pulau seluas 19 hektar ini dikelilingi perairan dangkal yang sangat jernih dan dipenuhi terumbu karang. Keindahan yang ditawarkan pulau ini tak kalah dengan Karimunjawa, udara bersih serta lingkungannya yang asri jadi daya tarik utamanya.

Kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling pulau dan menikmati suasana yang menenangkan. Ditambah lagi Pulau Panjang belum terlalu padat pengunjung, rasanya seperti menghuni pulau pribadi.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selain bersepeda antara lain snorkeling, berkemah, hingga wisata religi mengunjungi makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba’alawi.

2. Pantai Punuk Sapi

gambar istimewa

Pantai Punuk Sapi juga populer disebut sebagai Pantai Lemah Abang yang berarti “pantai tanah merah”. Dinamai demikian karena memang pantai ini dipenuhi gundukan hingga bukit dengan tanah berwarna merah yang sekilas bentuknya mirip punuk sapi.

Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam, tapi gak kalah cantik dibanding pantai-pantai berpasir putih. Terdapat hammock dan ayunan yang bisa kamu gunakan untuk bersantai, sekaligus berfoto dari atas ketinggian.

3. Pantai Pungkruk

gambar istimewa

Pantai Pungkruk punya kemiripan dengan Pantai Jimbaran, Bali. Gak cuma menarik karena lautnya, kawasan ini merupakan tempat wisata kuliner terbesar di Jepara.

Banyak rumah makan bergaya gazebo dan rumah apung berdiri di atas pantai berkarang ini. Menu yang disajikan pun beragam, seperti aneka olahan ikan laut hingga makanan khas Jepara.

4. Bukit Bejagan

gambar istimewa

Salah satu kawasan wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Jepara adalah Desa Wisata Tempur. Desa ini punya hamparan sawah yang indah dengan latar gagahnya pegunungan.

Salah satu spot yang jadi favorit pengunjung adalah Bukit Bejagan. Bukit ini memiliki rumah pohon yang menjorok langsung ke tebing, memungkinkan kamu menikmati pemandangan hutan dan bukit dari ketinggian.

5. Pantai Benteng Portugis

gambar istimewa

Di pinggir pantai ini berdiri Benteng Portugis yang sudah ada sejak 1923 dan menjadi cagar budaya yang dilindungi pemerintah. Selain ramai dikunjungi karena tampak gagah, banyak orang yang datang untuk berenang di pantai.

Tepian pantainya tak berupa pasir, melainkan batuan dan tebing. Karena itu, banyak yang memanfaatkannya untuk memancing. Fasilitasnya sudah cukup lengkap, mulai dari kamar mandi hingga gazebo untuk bersantai.

6. Taman Nasional Karimunjawa

gambar istimewa

Kota Jepara sudah identik dengan keindahan alam di Kepulauan Karimunjawa. Gugusan yang terbentuk lebih dari 20 pulau kecil ini dikembangkan sebagai wisata taman laut dengan banyak spot menarik.

Kamu bisa snorkeling untuk menyaksikan indahnya biota laut, singgah di penangkaran hiu, tracking ke hutan mangrove, mengunjungi banyak pantai sekaligus, wisata kuliner, hingga wisata religi.

7. Goa Tritip, Ujungwatu, Donorojo

gambar istimewa

Zaman dahulu, Gua Tritip merupakan tempat pertapaan seorang tokoh bernama Mbah Joyo Kusumo. Warga setempat menganggap tempat tersebut sebagai petilasannya.  Di sekitar gua batu terdapat perahu kayu yang konon menjadi tempat pertapaan Mbah Joyo Kusumo.

Meski demikian, kini Gua Tritip jauh dari kata seram, karena sudah dikelola dengan baik sebagai tempat wisata.  Kamu bahkan bisa bersantai di gazebo atau gardu pandang yang dibangun di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here