Channel E – Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora Zainuddin Amali meminta masyarakat Indonesia tetap mendukung penyelenggaraan SEA Games 2019 di Filipina. Meski terdapat kekurangan, ia minta masyarakat Indonesia tidak menghina Filipina.

Menurut Zainuddin, dalam SEA Games kali ini Indonesia adalah tamu. Sebabnya harus tetap bersikap baik dan tetap mendukung tuan rumah.

“Sebagai sesama negara tetangga ASEAN, saya kira kita beri support kepada mereka. Jangan mereka kemudian kita hinakan karena itu akan membuat pelayanan mereka makin tidak baik,” katanya di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, 27 November 2019.

Menurut politikus Partai Golkar ini, pemerintah tetap mengusahakan agar pelayanan bagi atlet yang bertanding di sana tetap maksimal. Ia mencontohkan Ketua Komite Olimpiade Nasional (NOC) Raja Sapta Oktohari telah berbicara langsung dengan Ketua NOC Filipina menyangkut fasilitas kepada atlet yang akan bertanding.

“Mereka (Filipina) sedang berupaya untuk melayani dengan sebaik-baiknya. Kita pernah menjadi tuan rumah Asian Games, pernah menjadi tuan rumah SEA Games, kita memahami apa yang terjadi di sana,” tuturnya.

Hingga saat ini, kata Zainuddin, belum ada laporan soal pelayanan buruk yang dialami atlet Indonesia di Filipina. “So far gak ada masalah,” katadia.

Adapun tentang makanan halal bagi atlet muslim, Zainuddin memastikan pemerintah Indonesia sudah mengantisipasinya. “Sudah diantisipasi oleh CdM (Chief de Mission). Ada back up makanan,” katanya.

Persiapan Filipina sebagai tuan rumah SEA Games 2019 menjadi sorotan menyusul munculnya sejumlah keluhan atlet soal layanan yang diberikan di sana.

Belakangan juga beredar foto ruang konferensi pers cabang olahraga sepak bola yang memprihatinkan. Foto ini membuat Filipina jadi bulan-bulanan di media sosial. Tagar #SEAGamesFail sempat menempati urutan teratas trending topic Twitter.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here