Channel E – Setiap kota di seluruh dunia pasti punya hal yang menjadi ciri khas dan kerap dibanggakan, mulai dari kuliner hingga landmark-nya. Beberapa kota di dunia juga ada yang punya arsitektur memukau dengan warna-warna yang sangat tak biasa.

Lalu apa yang menjadikan sebuah kota menjadi sangat cantik? Mungkin pemandangan, gaya arsitektur, kebersihan, ketenangan, keramahan penduduk bisa jadi alasannya. Namun, di kota-kota berikut ini, warna bangunan juga termasuk menjadi salah satu daya pikat dan menambah kecantikan dari sederet kota ini. Kota mana sajakah itu?

1. Jaipur

gambar istimewa

Jaipur ibu kota negara bagian Rajashtan, India. Kota ini juga dijuluki The Pink City. Konon, bangunan-bangunan di kota ini diberi warna pink untuk menyambut kedatangan Ratu Victoria dan Pangeran Wales pada 1876. Warna pink dipilih sebagai tanda keramah tamahan.

2. Nyhavn, Denmark

gambar istimewa

Nyhavn adalah distrik pelabuhan di ibu kota Denmark, Kopenhagen. Rumah-rumah berwarna di kedua sisi kanal kota merupakan daya tarik utama tempat ini. Rumah-rumah kayu di Nyhavn rata-rata dibangun pada abad ke-17, dan kini sebagian besar sudah berubah fungsi sebagai restoran atau kafe.

3. Santorini, Yunani

gambar istimewa

Santorini adalah sebuah pulau indah yang terletak di sebelah tenggara daratan utama Yunani. Di tempat ini terdapat 15 desa indah dengan bangunan khas pulau itu. Rumah-rumah batu berbentuk bulat dan dilapisi kapur yang mengapit jalanan desa yang sempit menjadi daya tarik pulau ini.

Warga setempat meyakini, kapur mulai digunakan sebagai pelapis tembok bangunan di Santorini pada abad ke-19. Kapur digunakan warga karena murah, tahan lama, dan mengoksidasi properti di tempat itu. Kini warna putih yang menyelimuti desa-desa di Santorini malah menjadi daya tarik wisata.

4. Willemstad

gambar istimewa

Willemstad ibu kota Curaçao, sebuah pulau di sebelah selatan Laut Karibia. Bangunan di Willemstad ini diberi warna pastel. Kecantikan arsitektur di Willemstad membuat kota ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

5. Bo Kaap, Afrika selatan

gambar istimewa

Bo-Kaap yang berwarna ini berada di kaki bukit di luar kota Cape Town, Afrika Selatan. Kawasan permukiman ini dikenal dengan deretan rumah beraneka warna dan jalan sempit yang dibuat dari susunan batu bulat. Tak hanya bangunannya yang berwarna, sejarah Bo-Kaap juga penuh warna.

Pada abad ke-16 dan 17 banyak budak yang dibawa Belanda dari Malaysia, Indonesia dan wilayah Afrika lainnya tiba di Cape Town. Pada 1760, sejumlah bangunan didirikan di Bo-Kaap dan kemudian disewakan kepada para budak itu.

Akhirnya para budak membeli rumah-rumah itu dan mengecatnya dengan berbagai warna untuk mengekspresikan kebebasan dan kebahagiaan. Bo-Kaap museum merupakan bangunan tertua yang dibangun pada 1760. Museum itu masih berdiri dalam bentuk aslinya dan mengisahkan kehidupan para budak di tempat itu.

6. Burano Venesia

gambar istimewa

Italia Burano sebenarnya adalah sebuah pulau kecil di sisi utara laguna Venesia. Burano, faktanya adalah kepulauan yang terdiri dari empat pulau kecil yang saling terhubung dengan jembatan. Pemandangan utama Burano adalah jajaran rumah-rumah dengan cat beraneka warna di kedua sisi kanal.

Kanal yang tepat melintas di antara jajaran rumah berwarna itu menjadikan Burano sebuah tempat yang sangat indah. Dahulu kala, di saat mencari ikan masih menjadi mata pencaharian utama di Burano, para nelayan kesulitan mencari kediaman mereka di saat musim dingin yang penuh kabut. Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengecat rumah dengan berbagai warna cerah agar mudah dikenali.

Inilah yang diyakini menjadi awal tradisi rumah berwarna di Burano. Namun kini terdapat sistem untuk mewarnai rumah di Burano. Warga harus meminta izin pemerintah saat akan mengecat rumah untuk memastikan warna yang dipilih memang diizinkan pihak berwenang.

7. La Boca, Argentina

gambar istimewa

La Boca nama dari salah satu kawasan permukiman di Buenos Aires, ibu kota Argentina. Tempat ini sangat dikenal dengan rumah-rumah kayu beraneka warna dan trotoar yang sangat ramah pejalan kaki. Banyak komunitas seniman tinggal di La Boca.

Para seniman ini terkadang menggunakan rumah-rumah berwarna itu sebagai latar belakang untuk mendukung penampilan mereka. Daya tarik lain La Boca adalah tarian “Tango” yang bisa ditemukan hampir di seluruh sudut La Boca. Tempat ini juga kerap dijadikan lokasi pameran foto atau lukisan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here