Channel E – Apa yang kamu pikirkan saat mendengar San Marino? Negara republik yang menyajikan nuansa romantisme di sepanjang jalannya? Atau hanya sebuah negara republik yang dikelilingi Italia?

Walaupun jarang dikunjungi, negara ini cocok buat kamu yang tidak suka keramaian. Jika kamu ingin berkunjung ke sana, baca dulu lima fakta unik tentang Negara San Marino. Yuk kita simak penjelasannya!

1. Memiliki banyak patung

gambar istimewa

Selain menawarkan pemandangan yang menakjubkan, San Marino merupakan negara yang memiliki banyak patung. Negara yang menggunakan bahasa Itali ini memiliki lebih dari seratus patung yang sangat unik. Salah satu yang terkenal, yaitu patung Lady of Liberty.

2. Lebih banyak mobil, daripada penghuninya

gambar istimewa

Di San Marino, hal unik lainnya ialah terdapat lebih banyak mobil dibandingkan penghuninya. Hal ini karena adanya suaka pajak (tax haven). Adanya suaka pajak menyebabkan suatu negara memberlakukan pajak yang rendah atau tidak mengenakan pajak sama sekali.

3. Masuk dalam Kategori Negara Terkecil di Dunia

gambar istimewa

Secara geografis, San Marino memiliki luas sekitar 61 kilometer persegi dan menjadikannya sebagai negara terkecil kelima, setelah Monako dan Vatikan. Negara yang memiliki populasi sekitar 33.559 jiwa itu dikelilingi oleh Italia, tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Rimini, daerah Emilia-Romamgna, serta di sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

4. Negara dengan Layanan Pos Pertama di Dunia

gambar istimewa

Pada tahun 1607, layanan pos di negara tersebut dibuka untuk semua penduduk. Sedangkan pada tahun 1877, prangko pertama negara tersebut dikeluarkan dan, sejak saat itu, perangko San Marino menjadi salah satu warisan budaya dan sejarah negara tersebut.

San Marino juga dikenal sebagai negara yang memiliki layanan pos pertama di dunia. Pada tahun 1607, layanan pos di San Marino dibuka untuk semua penduduk.

Sementara itu pada tahun 1877, perangko pertama di San Marino dikeluarkan dan menjadikannya sebagai salah satu warisan budaya serta sejarah negara. Karena terbatasnya produksi perangko di sana, banyak filatelis yang memiliki daya tarik besar terhadap perangko ini selama ratusan tahun.

5. Tidak Memiliki Bandara Sendiri

gambar istimewa

San Marino ternyata tidak memiliki bandara sendiri. Negara tersebut hanya memiliki sebuah landasan helikopter yang terletak di Borgo Maggiore.

Jika kamu ingin berkunjung ke sana, bandara yang terdekat berada di kota Rimini, Italia, yaitu Bandara Internasional Federico Fellini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here