Beberapa Tempat Wisata di Dunia yang Tidak Boleh Sembarang Foto

Channel E – Salah satu kegiatan yang sering kita lakukan saat berlibur adalah berfoto di spot wisata tersebut. Dengan berfoto kalian dapat menabadikan momen seru dan unik yang dirasakan ketika travelling.

Namun tak semua tempat wisata boleh di abadikan dengan memotretnya. Ada beberapa tempat wisata di dunia yang ternyata tidak mengijinkan para wiatawan untuk memotretnya. Ada berbagai alasan dan sebagai orang asing yang berkunjung, kalian harus patuhi aturan tersebut ya!

Penasaran apa saja? Berikut 7 tempat wisata yang tidak boleh difoto. Yuk simak ulasannya berkut ini.


 

1. Menara Eiffel, Paris

image: istimewa 

Menara Eiffel merupakan salah satu tempat wisata yang dikunjungi banyak orang. Ada ribuan orang yang tiap hari berfoto di tempat tersebut untuk menjadikannya kenang-kenangan. Namun meski begitu, ternyata ada satu larangan yang harus di patuhi para wisatawan yakni memotret Menara Eiffel saat malam hari.

Pada malam hari, para wisatawan yang berkunjung akan diperlihatkan pertunjukan lampu yang berkelap-kelip pada permukaan menara. Untuk memotret momen tersebut dikategorikan sebagai hal yang ilegal karena pertunjukan tersebut merupakan karya seni yang dilindungi oleh hak cipta.

Hanya beberapa wisatawan yang mendapatkan izin untuk memotret dan menyebarluaskannya di media sosial.

 

2. Red Light District, Amsterdam

image: istimewa

Di Amsterdam, Belanda. Ada sebuah lingkungan tempat prostitusi yang bebas dilalui siapapun bernama Red Light District. Pada siang hari, bangunan-bangunan berkaca di sepanjang jalan tersebut terlihat biasa saja. Namun hal tersebut berubah saat malam hari.

Pada malam hari, semua bangunan kaca terebut beralih fungsi menjadi display yang menunjukkan para pekerja seks komersial (PSK) di tempat lokalisasi tersebut. Ada satu larangan yang sudah menjadi rahasia umum di area tersebut yaitu, boleh lihat, tak boleh pegang, dan tak boleh foto.

Bagi siapapun yang berani memotret para PSK tersebut berani berhadapan dengan preman-preman di tempat tersebut.

 

3. Masjidil Haram, Mekkah

image: istimewa

Masjidil haram sebenarnya bukanlah tempat wisata. Namun setiap harinya tempat ibadah suci umat muslim ini dipenuhi jemaah dari seluruh dunia. Tak heran jika banyak wisatawan yang menyempatkan mampir dan memikmati kemegahan masjid tersebut. Di sela-sela beribadah di masjid yang terletak di Mekkah, Arab Saudi, banyak dari jemaah yang menyempatkan diri untuk memotret kemegahan dan keindahannya.

Namun belum banyak orang mengetahui bahwa pratik tersebut ternyata telah dilarang oleh pihak Kerajaan Arab Saudi. Peraturan baru tersebut disampaikan melalui nota diplomatik Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi kepada beberapa negara.

Disebutkan pula, sanksi untuk jemaah yang melanggar adalah teguran dari para penjaga masjid hingga pengambilan alat perekam gambar secara paksa. Larangan ini berlaku pada Masjid Nabawi yang terletak di Madinah.

 

4. Desa Baduy, Indonesia

image: istimewa

Bagi para wisatwan yang berkunjung, masih untuk diperbolehkan melakukan beberapa hal seperti bermain ponel dan memotret ketika berada di area Baduy Luar. Namun jika sudah masuk ke Baduy Dalam di antaranya Kampung Cibeo dan Cikeusik, hal-hal tersebut sudah tidak diperbolehkan untuk dilakukan.

Larangan memotret dan memainkan perangkat elektronik di Baduy Dalam sudah tertera di pintu masuk Baduy yaitu Desa Ciboleger. Sanksinya pun tertulis jelas yaitu denda Rp. 5 juta dan kurungan 6 bulan penjara. Selain sanksi tersebut, pendatang yang berani melanggar aturan adat akan mendapatkan sanksi dari ‘penjaga’ desa.

 

5. Kumsusan Palace Of The Sun, Korea Selatan

image: istimewa

Istina Matahari Kumsusan di Korea Selatan adalah bangunan yang berfungsi sebagai makam bagi Kim Il Sung, yaitu pendiri Korea Utara. Tempat ini kelak akan menjadi makan bagi putra, Kim Jong Il. Tidak mudah untuk masuk ke dalamnya, hanya beberapa orang yang mendapatkan izin untuk masuk ke dalam istana tersebut.

Beberapa orang yang berhasil masuk ke dalam istana tersebut wajib mengikuti beberapa aturan. Misalnya untuk tidak mengambil foto atau video, merokok, dan dilarang berbicara di area mana pun dari tempat tersebut.

Selain itu, bagi para wisatawan yang berkunjung harus melewati mesin khusus penyedot debu yang mungkin mereka bawa sehingga masuk dalam kategori keadaan bersih.

 

6. Uluru-Kata Tjuta National Park, Australia

image: istimewa

Taman nasional di Australia ini memang menyajikan pemandangan yang luar biasa. Namun sangat di sayangkan bagi para turis atau wisatawan tidak diperbolehkan untuk mengabadikannya. Mengambil gambar di taman nasional ini kalian memerlukan izin khusus untuk tujuan komersial.

Tetapi bahkan jika kalian hanya ingin mengambil gambar untuk keperluan pribadi, ingatlah bahwa beberapa tempat disana tidak seharusnya di foto karena tempat tersebut diyakini suci.

 

7. Desa Bergun, Swiss

image: istimewa

Di negara Swiss ada desa yang bernama Desa Bergun yang dimana para turis atau wisatawan dilarang memotret dan menyebarluaskan foto wisata di desa tersebut, karena di khawatirkan dapat membuat orang yang melihatnya menjadi depresi. Kok bisa sih?

Menurut walikota Bergun, Nicolay, aksi yang dilakukan para wisatawan yang menyebarluaskan keindahan Bergun di media sosial justru membuat sedih dan depresi orang lain yang belum sempat datang berlibur ke desa tersebut.

Desa tradisional Bergun yang terletak di kaki pegunungan Albula di Swiss ini, sudah terkenal akan keindahannya. bahkan sejak 1952 tahun lalu, desa ini menjadi lokasi pengambilan gambar film favorit para sineas Swiss.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here