Channel E – Urusan perut selalu jadi yang paling utama saat bepergian, apalagi saat malam hari. Ingin pergi ke restoran cepat saji tapi bosan dengan menu yang itu-itu saja? Tenang, karena masih ada banyak pilihan lainnya.

Seperti yang ada di berbagai wilayah Bandung ini. Jika kamu sedang berakhir pekan di Kota Kembang itu, enggak usah khawatir bakal kelaparan saat malam. Di kota ini ada banyak sekali kedai maupun warung yang menyediakan beragam masakan yang menggugah selera.

 


 

Kuliner malam di Bandung ini pun memiliki beragam jenis, mulai dari makan ring. Mulai dari makanan ringan seperti sekoteng hingga makanan berat seperti nasi kalong. Apa saja rekomendasi kuliner malam hari yang bisa kamu datangi saat berada di Bandung? Yuk, intip daftar lengkapnya berikut ini.

 

1. Warung Nasi Kalong

image: istimewa

Kuliner malam pertama yang bisa kamu datangi di Bandung adalah Nasi Kalong. Dinamakan demikian karena warung ini hanya buka saat malam hari seperti halnya kalong atau kelelawar yang beraktivitas saat malam. Rumah makan yang terletak di Jalan RE Martadinata (Riau) No 102 Bandung ini buka mulai pukul 7 malam sampai 3 dini hari.

Nasi kalong merupakan nasi berwarna ungu kehitaman yang terbuat dari nasi merah dan dimasak dengan campuran kluwek. Dengan tambahan berbagai rempah, nasi kalong sangat kaya akan citarasa dan berbau wangi. Nasinya bahkan tetap gurih dan enak meski disantap tanpa lauk.

Sebagai pelengkap, nasi kalong biasanya disajikan dengan tumis bakar buncis, ayam goreng madu, ebi goreng kremes, dendeng ayam gepuk abon dan sebagainya. Sehingga nasi kalong adalah salah satu pilihan makan malam yang lezat dan sehat. Coba sekarang!

 

2. Seafood Kiloan Bang Bopak

image: istimewa

Apa kamu penggemar seafood? Jika iya, sebaiknya sempatkan untuk makan di Seafood Kiloan Bang Bopak saat berada di Bandung. Kedai seafood yang terletak di Jl. Brigjend Katamso No. 33 ini kerap jadi incaran warga Bandung yang ingin menyantap seafood segar di malam hari. Warung yang buka sejak pukul 6 sore hingga 3 pagi ini menjual menunya mulai dari Rp 25 ribu hingga 250 ribu.

Menu yang disajikan sendiri cukup beragam dan kesemuanya disajikan dalam keadaan segar. Ada berbagai jenis kerang, cumi, udang, kepiting hingga golongan seafood mewah seperti lobster dan baby octopus. Seafood-seafood itu dapat kamu nikmati dengan aneka saus yang lezat, seperti saus padang dan saus nanas yang rasanya sangat nikmat.

Soal rasa enggak perlu diragukan lagi, lihat saja orang-orang yang rela antri panjang demi bisa menikmati makanan lezat di warung satu ini.

 

3. Cafe Madtari

image: istimewa

Cafe Madtari dikenal sebagai salah satu tempat tongkrongan favorit anak muda di Bandung. Cafe yang terletak di Jalan Rangga No 12, Bandung Utara ini buka sejak pukul 7 pagi hingga 4 dini hari. Cabang lainnya ada di Jalan Teuku Umar no 1, Jalan Surapati no 72, dan Jalan Dr. Otten no 11 Bandung.

Cafe Madtari terkenal dengan sajian menunya yang diberi keju melimpah ruah. Di antara menu favorit di tempat ini adalah roti bakar, aneka olahan pisang, mie instan, nasi goreng hingga bakso. Untuk minumannya kamu bisa menikmati bandrek, bajigur hingga wedang jahe yang bisa menghangatkan tubuh di tengah dinginnya udara malam Bandung. Harga menu di tempat ini pun cukup bervariasi, mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 30 ribuan.

 

4. McDurens

image: istimewa

Apa kamu ingin makan sesuatu yang manis dan segar saat malam? Atau kamu adalah pecinta buah durian yang lezat? Jika iya, tak ada salahnya untuk pergi ke McDurens yang terletak di Jl. Cikapundung Barat (Asia Afrika), Bandung.

Kedai yang buka mulai pukul 5 sore hingga 12 malam ini menyediakan berbagai olahan buah durian dengan citarasa lezat. Mulai dari sop duren yang super segar, pancake duren, milkshake duren, es krim duren, ketan duren hingga es cappucino duren. Selain itu, kamu juga bisa menikmati menu lain seperti roti bakar, chocolate ice cream, sosis bakar, mie goreng dan masih banyak lagi. Soal harga, McDurens membandrol mulai Rp 15 hingga 25 ribu.

 

5. Sekoteng Bangkok

image: istimewa

Udara dingin Bandung saat malam apalagi di musim hujan terkadang bisa membuat badan menggigil. Untuk itu, kita membutuhkan sesuatu yang hangat untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah Sekoteng Bangkok. Tempat kuliner satu ini terletak di Jalan Teuku Umar, Pintu Utara Universitas Dipatiukur dan buka mulai pukul 5 sore hingga tengah malam.

Sekoteng Bangkok pada dasarnya merupakan campuran toping dan kuah pandan atau jahe yang dilumuri dengan susu kental manis. Topingnya sendiri ada kacang hijau, kolang-kaling, pacar cina, roti, jali-jali, biskuit hingga manisan buah.

Menariknya, di setiap meja ada susu kental manis yang disediakan untuk kamu yang merasa bahwa sekotengnya kurang manis. Harganya sendiri lumayan terjangkau, karena satu mangkuknya hanya dihargai sekitar Rp 10 ribu.

 

6. Perkedel Bondon

image: istimewa

Bagi kebanyakan orang, perkedel biasanya dijadikan sebagai pendamping nasi dan hidangan berkuah. Tapi di Perkedel Bondon, perkedel jadi bintang utama bukan pendamping. Perkedel Bondon bahkan jadi kuliner malam legendaris di Bandung.

Menurut bahasa Sunda, bondon artinya wanita malam. Sesuai dengan namanya, perkedel ini hanya hadir di malam hari ibaratnya seperti kupu-kupu malam yang hanya keluar saat matahari telah tenggelam.

Keunikan dari perkedel ini adalah adonan kentangnya masih digoreng menggunakan tungku tradisional hingga memberikan cita rasa yang khas. Perkedel di tempat ini biasanya disajikan dengan cocolan sambal ulek. Tapi jika masih kurang, kamu bisa menambahnya dengan nasi, sayur dan lauk lainnya.

Perkedelnya sendiri garing di luar dan lembut di dalam sehingga sukses bikin nagih. Saking terkenalnya, Perkedel Bondon selalu diserbu oleh banyak orang. Para pembeli yang datang berbondong-bondong biasanya tak keberatan mengantri panjang demi menikmati sajian perkedel di tempat ini.

 

7. Warung Ceu Mar

image: istimewa

Buat kamu yang mencari hidangan berat, enak dan murah di Bandung saat malam, bisa banget berkunjung ke Warung Ceu Mar. Terletak di Jl. Banceuy (dekat belokan arah Braga), Bandung, warung satu ini buka mulai pukul 4 sore hingga 4 dini hari.

Warung ini menyediakan menu rumahan yang rasanya disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Di antara menu favorit warung ini adalah gulai daging serta osesng-oseng yang pedas dan nikmat. Kalau kamu tak ingin makan berat, kamu juga bisa menikmati sejumlah makanan ringan yang dijual di tempat ini. Seperti roti bakar, minuman ringan hingga mi instan. Untuk harganya sendiri dibandrol sekitar Rp 20 ribuan. Tertarik mencoba?

 

8. Sate Hadori

image: istimewa

Apa kamu penggemar sate? Jika iya, tak ada salahnya untuk mencicipi sajian Sate Hadori yang terletak di Jl. Stasiun Timur No. 11-12, Stasiun Hall, Bandung. Warung legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1952 ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 3 dini hari. Menariknya di tempat ini pengunjung dapat melihat proses pengolahan sate, mulai dari pemotongan daging, pembumbuan hingga pembakaran.

Hidangannya sendiri terdiri dari sate ayam, sate kambing dan sate sapi. Potongan daging sate di tempat ini cukup besar dan biasanya disajikan dengan bumbu terpisah. Hidangan lain yang bisa kamu rasakan di tempat ini adalah kambing guling yang dijamin bisa bikin kenyang.

2 COMMENTS

  1. Hi! This is kind of off topic but I need some advice from an established blog. Is it very hard to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick. I’m thinking about creating my own but I’m not sure where to start. Do you have any tips or suggestions? Cheers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here