Channel E – Atlet cabang olahraga (cabor) wushu Edgar Xavier Marvelo , akhirnya berhasil mempersembahkan medali emas untuk kontingen Indonesia di ajang Sea Games 2019 di Filipina pada Selasa (3/12/2019) pagi.

Atlet wushu asal DKI Jakarta itu merebut medali emas setelah mengumpulkan poin 9,68 dalam pertandingan nomor gunshu yang digelar di World Trade Center, Pasay, Manila, Filipina, Selasa (3/12/2019).

Edgar mengungguli atlet Singapura Si Wei Jowen yang hanya mendapatkan 9,66 poin di nomor gunshu dan menduduki peringkat kedua. Sementara itu, atlet Vietnam Yi Xiang Yong, menempati peringkat ketiga dengan raihan poin 9,65.

gambar istimewa

Ditambah dengan penampilan apik di nomor gunshu yang dipertandingan hari ini, Edgar tercatat telah mengantongi total poin 19,36 di nomor taolu kombinasi daoshu dan gunshu.

Keberhasilan Edgar di nomor gunshu menyempurnakan penampilan gemilangnya pada pertandingan nomor daoshu (golok) yang digelar Senin (2/12/2019) kemarin. Di nomor daoshu, Edgar juga menorehkan poin identik, yakni 9,68.

Medali emas yang diraih di nomor taolu kombinasi daoshu dan gunshu seolah menjadi penawar kekecewaan Edgar setelah gagal meraih medali di nomor taolu changquan, Minggu (1/12/2019). Terlebih, Edgar berhasil menyabet medali emas ini saat sedang berduka karena kehilangan sang ayah.

Medali emas ini merupakan medali ketujuh di ajang 2 tahunan tersebut. Edgar menambah perbendaharaan medali emas Indonesia setelah berhasil memperoleh nilai tertinggi dalam nomor daoshu/gunshu combined putra.

Edgar mampu tampil lebih baik dibandingkan dengan peraih medali perak Jowen Lim dari Singapura dan Trn Xuân Hip dari Vietnam yang mendapatkan medali perunggu.

Enam medali emas kontingen Merah Putih sebelumnya didapatkan oleh tim polo air putra, Jauhari Johan dari cabor duathlon, Rio Danu Tjabu dan Tirano Baja (menembak), serta Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah (angkat besi).

Pada Selasa pagi kemarin, Indonesia juga mendapatkan tambahan satu medali perak daei cabor wushu atas nama Harris Horatius di nomor nanquan putra.

Di nomor ini atlet Vietnam Phm Quc Khánh meraih medali emas, sedangkan perunggu milik pewushu Brunei Darussalam Mohammad Adi Salihin Roslan.

Sejauh ini di cabor wuehu, tuan rumah Filipina dan Malaysia mengoleksi masing-masing dua medali emas, sedangkan Indonesia, Brunei, Vietnam, dan Singapura masing-masing satu medali emas.

Secara keseluruhan Indonesia sudah mengoleksi 7 medali emas, 12 perak, dan 12 perunggu. Sementara, raihan medali emas dari Dwi Cindy Desyana dari cabor dance sport nomor women breaking tak dimasukkan ke daftar medali resmi, karena hanya eksibisi lantaran hanya diikuti Indonesia dan Filipina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here