Channel E – Mengapa mata kita harus terus berkedip? Jawaban singkatnya adalah, hal tersebut berfungsi untuk meratakan air mata yang kaya oksigen ke seluruh permukaan mata. Untuk apa? tentu saja untuk menghalau kotoran yang ada di bola mata terutama bagian kornea (lapisan terluar pada mata bagian depan).

Selain itu, bagian ini akan mengalami iritasi apabila kering. Kalau tidak percaya, coba saja tahan kelopak mata kamu agar tetap terbuka selama beberapa menit, terasa pedih bukan?Mata terasa lelah, gatal, atau lengket bisa membuat seseorang tidak nyaman.

Saat menatap sesuatu terlalu lama, entah itu menonton tv, bermain gadget, membaca, bahkan menyetir pun membuat mata terlalu fokus ke satu arah. Akhirnya seseorang menjadi lupa untuk berkedip.

Kasus ini ternyata juga dialami oleh Aktor dan Penulis Raditya Dika. Ketika dia masih kuliah di Australia, pria yang juga menekuni dunia stand up comedy itu bermasalah pada matanya. Sebab, ayah 1 anak itu selalu asyik di depan laptop membuat blog. Ketika itu, akhirnya dia harus datang ke dokter mata.

“Saat itu masih ngeblog rasanya mata enggak nyaman banget. Saat saya ke dokter, dokter bilang saya berkedip kurang sempurna. Wah saya bingung kok bisa begitu ya,” kata dia tertawa dalam sebuah diskusi di Jakarta baru-baru ini.

Belum lagi ditambah paparan AC di kamar apartemennya serta aktivitasnya yang bisa lebih dari 15 jam menatap gadget dan berada di depan komputer. Dari pengalaman itu, ternyata kurang mengedip bisa memicu mata jadi lebih kering.

Gambar Istimewa

Hal itu dibenarkan oleh Dokter Spesialis Mata Dry Eye Center dari Jakarta Eye Center, dr. Nina Asrini Noor, Sp.M. Menurut dr. Nina, kurang berkedip memang bisa berhubungan dengan mata kering. Sehingga gejala yang dirasakan semakin banyak dari mulai gatal, lengket, atau ada sesuatu yang mengganjal.

“Kenapa, salah satu faktornya adalah karena aktivitas visual di mana mata kita sangat high attention terlalu fokus pada sesuatu hal. Fokus ala kadarnya. Tidak harus dari monitor ya, menyetir juga membuat mata terus fokus. Maka berkedip bisa menjadi pemicu mata kering,” jelas dr. Nina.

Menurutnya aktivitas dengan atensi visual atau fokus tinggi dalam durasi waktu lama, seperti menatap monitor atau gawai, menjadi faktor penyebab mata lelah dan kering. Karena pada saat sedang fokus, frekuensi berkedip berkurang, sehingga mata terasa seperti mengganjal.

“Membaca buku juga termasuk kegiatan dengan atensi visual tinggi, yang juga dapat menimbulkan mata lelah atau kering,” tutupnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here