Channel E –  Pada tahun 2018 lalu, Nike masuk ke dalam daftar Fortune 500, sebagai salah satu perusahaan dengan pendapatan tahunan tertinggi di dunia.

Lantas Siapa yang tidak mengenal Nike? Sebuah brand olahraga legendaris asal Amerika Serikat (AS) yang sering mensponsori atlet dan tim olahraga ternama di dunia. Nike merupakan salah satu brand olahraga terbesar dan terlaris di dunia yang setiap tahunnya mampu menjual lebih dari 900 juta produk.

Sebagai sebuah brand terkenal, Nike tentu punya banyak fakta di baliknya. Nggak jarang, banyak fakta yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Nah, di artikel kali ini akan membahas 7 fakta menarik seputar nike yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang, yuk kita simak penjelasannya!

1. Nama “Nike” berasal dari bahasa Yunani

Siapa sangka ternyata nama “Nike” diambil dari bahasa Yunani? Dan ternyata fakta dibalik nama nike memiliki arti yaitu kemenangan. Jadi, dalam sejarah bangsa Yunani ada nih Dewi Nike yang merupakan dewi kemenangan atau keberhasilan. Bill dan Philip selaku pendiri pun berharap dari nama “Nike” itu brand mereka bisa berhasil dan memberi kemenangan buat semua orang serta menjadikan mereka seorang pemenang.

2. Brand Nike didirikan oleh seorang atlet dan pelatihnya

Brand Nike didirikan oleh seorang atlet atletik bernama Phil Knight, dan pelatihnya yaitu Bill Bowerman pada tahun 1964. Sebelum dikenal dengan nama Nike, brand olahraga tersebut bernama Blue Ribbon Sport (BRS). Namun pada tahun 1971, brand olahraga yang terkenal dengan slogan “Just Do It” ini, berganti nama menjadi Nike, yang merupakan nama dari dewi kemenangan Yunani.

Produk olahraga yang diproduksi dan dijual Nike yaitu meliputi sepatu olahraga, pakaian atletik, aksesori, dan peralatan olahraga. Markas Nike berada di dekat Beaverton, Oregon, yang termasuk dalam kawasan metropolitan Portland.

3. Logo Nike didesain oleh mahasiswa Portland State University

Logo Nike yaitu swoosh dirancang oleh seorang mahasiswa dari Portland State University, yaitu Carolyn Davidson. Untuk rancangannya pada brand olahraga ternama tersebut, Carolyn Davidson mendapatkan honor sebesar $ 35, serta juga mendapatkan lebih dari $ 64.0000 produk Nike. Selain itu, Pill Knight juga memberikan cincin berlian dengan logo Nike pada mahasiswa tersebut.

4. Sepatu pertama terinspirasi dari cetakan wafel

Siapa pernah tahu ternyata cetakan wafel milik istri Bill Bowerman mengilhaminya mendirikan Nike? Ia membayangkan kalau sepatu olahraga punya sol bawah dengan pola seperti wafel. Jadi para atlet bisa lebih mudah berlari, tanpa takut lagi kepleset.  Hak paten soal inovasi ini pun didapat Bill Bowerman pada 1974.

Sepatu Nike pertama lantas langsung diuji coba kepada Phil Knight. Saat itu, ia memakainya pada malam sebelum pertandingan dan mendapat perhatian tersendiri dari rekan satu timnya, yakni Otis Davis. Akhirnya Davis pun mencoba sepatu tersebut pada Olimpiadi 1960 perlombaan lari 400 meter. Davis bahkan mendapat medali emas.

5. Iklan Nike mendapatkan perhargaan di Festival Periklanan Cannes

Nike pertama kali mengiklankan produknya pada tahun 1982. Di tahun 1982, Nike beriklan sebanyak tiga kali di TV Nasional, dengan menggunakan agensi periklanan yang dibentuk oleh Wieden+Kennedy (W+K).

Iklan Nike mendapatkan respons positif dan berhasil mendapatkan perhargaan dari Festival Periklanan Cannes sebagai iklan terbaik pada tahun 1994 dan 2003. Selain itu, Nike juga dua kali mendapatkan penghargaan dari Emmy Award sebagai iklan komersial terbaik pada tahun 2000 dan 2002.

6. Nike memproduksi sepatu untuk film Hollywood

Nike tak hanya memproduksi sneakers atau sepatu untuk aktivitas sehari-hari, namun juga memproduksi sepatu untuk film Hollywood. Sepatu boot Bat yang digunakan Batman di filmnya yang pertama, diciptakan oleh Tinker Hatfield, perancang sepatu Nike. Selain itu, Nike juga menciptakan sepatu hoverboarding untuk film Back to the Future: Part II.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here