Channel E – Sarapan pagi merupakan makanan paling penting dalam satu hari. Anggapan ini muncul karena sarapan pagi dipercaya dapat menghasilkan energi maksimal yang diperlukan oleh tubuh untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Karena perannya yang begitu penting untuk kesehatan, banyak mitos yang beredar seputar sarapan. Ada yang benar, tapi tak sedikit pula yang salah. Sayangnya, mitos banyak yang sudah tertanam di masyarakat. Mana yang mitos atau fakta?

1. Sarapan Bisa Menurunkan Berat Badan

gambar istimewa

Banyak orang percaya sarapan dapat menurunkan berat badan karena mampu menekan keinginan makan lebih banyak pada siang hingga sore hari. Benarkah? Penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition menyebut tidak ada korelasi langsung antara sarapan dengan penurunan berat badan.

Penelitian ini melibatkan 300 responden yang menderita obesitas. Hasilnya, para ilmuwan tidak melihat ada penurunan berat badan pada responden yang diwajibkan sarapan setiap hari.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan Levitsky DA dari Universitas Cornell, Kota New York, AS, menjelaskan, orang yang melewatkan sarapan akan merasa lebih lapar saat makan siang. Namun bukan berarti mereka akan makan lebih banyak dari yang dibutuhkan.

2. Sarapan Bisa Menurunkan Metabolisme

gambar istimewa

Sarapan dipercaya mempercepat metabolisme tubuh. Orang yang sarapan umumnya memiliki kebiasaan gaya hidup yang lebih baik dan aktif. Namun menurut American Journal of Clinical Nutrition, tidak ada hubungan sebab akibat antara kebiasaan melewatkan sarapan dengan metabolisme tubuh yang buruk.

Meski demikian, bukan berarti Anda boleh sering melewatkan sarapan. Sisihkan waktu Anda setiap pagi untuk menyiapkan sarapan sehat seperti oats, gandum, susu, kacang-kacangan, dan lain-lain untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada yang menyebut sarapan baik untuk sistem kardiovaskular bahkan, beberapa orang percaya melewatkan sarapan dapat mengganggu kinerja metabolisme tubuh.

3. Harus Dengan Makanan Berat

gambar istimewa

Levitsky mengatakan sarapan yang tinggi kalori justru tidak baik untuk tubuh. Menurutnya, menu sarapan harus memenuhi kaidah gizi seimbang dengan porsi yang wajar.

“Jika merasa lapar pada pagi hari, maka Anda harus sarapan yang sehat, bukan yang tinggi kalori. Jika ingin mendapat tenaga ekstra sekaligus mengurangi rasa lapar pada siang dan sore hari, maka perbanyaklah konsumsi protein.

Salah satu fungsi protein yakni menciptakan hormon penghilang rasa lapar. Anda boleh menambahkan telur atau mengambil segenggam kacang-kacangan untuk menunjang asupan protein di dalam tubuh,” Levitsky menyarankan.

4. Baik Untuk Jantung

gambar istimewa

Penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition menyebut bahwa sarapan tidak memiliki hubungan sebab akibat dengan sistem kardiovaskular manusia. Ujaran yang menyebut sarapan baik untuk kesehatan jantung adalah mitos.

Sarapan dengan makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula, justru meningkatkan risiko penyakit yang menyerang sistem kardiovaskular seperti serangan jantung.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here