Channel E – Menabung merupakan hal penting yang harus kita lakukan. Menabung sendiri mempunyai banyak sekali tujuan, ada yang menabung untuk membeli sesuatu atau menabung hanya untuk berjaga-jaga jika ada situasi darurat.

Tetapi ternyata ada beberapa orang yang merasa kesulitan dalam menabung. Bagi kamu yang merasa kesulitan menabung mungkin 5 metode ini bisa kamu terapkan dan bisa membantu kamu dalam menabung.

1. Menabung Pecahan Tertentu

Gambar Istimewa

Dengan menggunakan metode ini kamu harus menentukan terlebih dahulu pecahan berapa yang ingin kamu tabung.

Contohnya jika kamu memutuskan untuk menabung uang pecahan 10 ribu maka setiap ada uang 10 ribu di dompet kamu jangan kamu gunakan untuk keperluan kamu dan langsung kamu tabung di celengan saja.

Berapa pun jumlah 10 ribu yang kamu miliki harus masuk ke dalam celengan kamu. Metode ini berlaku untuk pecahan berapa pun tergantung dengan yang kamu inginkan.

2. Metode Tanggal Terbalik

Gambar Istimewa

Bila menggunakan metode ini kamu harus menabung sesuai dengan tanggalan di kalender. Misalnya dalam satu bulan ada 30 hari maka di hari pertama kamu harus menabung Rp30.000, hari kedua menabung Rp29.000 dan terus sampai di hari ke 30 kamu memasukan Rp1.000 ke tabunganmu. Dengan demikian kamu bisa menabung 465 ribu dalam sebulan. Menarik ‘kan?

3. Sisihkan di Awal Bulan

Gambar Istimewa

Jika kamu menggunakan metode ini pertama-tama kamu harus menentukan berapa uang yang akan kamu tabung. Setelah kamu menentukan berapa uang yang akan kamu tabung, langkah selanjutnya adalah menabung uang tersebut segera setelah kamu mendapatkan uang. Misalnya kamu gajian pada tanggal 5 setiap bulannya maka usahakan kamu menabung di hari tersebut juga.

4. Menabung Koin

Gambar Istimewa

Uang koin sering kali diremehkan dan dianggap tidak berguna karena nilainya yang kecil. Tetapi jangan salah, uang koin jika dikumpulkan lama-kelamaan juga akan menjadi besar. Jika kamu merupakan orang yang sulit dalam menabung mungkin bisa mencoba cara ini. Pertama-tama siapkanlah tempat untuk menyimpan tabungan koin ini dan setelah itu kalian bisa mulai memasukkan semua koin kalian kesana.

5. Menabung Pecahan Terkecil

Gambar Istimewa

Setiap hari, saat kamu pulang ke rumah coba buka dompet kamu dan cari uang dengan pecahan terkecil di dalam dompet. Setelah itu tabung uang tersebut di suatu tempat, lakukan hal ini setiap harinya. Dengan demikian walaupun sedikit demi sedikit kamu sudah menabung uangmu.

Kenapa yang paling kecil? Dengan demikian kegiatan menabungmu tidak akan terlalu menjadi beban karena kita menganggap uang dengan pecahan terkecil lebih tidak berarti dibandingkan dengan pecahan yang besar lainnya.

Itulah beberapa tips menabung yang bisa saya sampaikan. Semoga dengan demikian kita semua bisa menabung uang kita lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan kita.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here