Channel E –  Kita lahir dan dibesarkan dalam budaya yang serba sopan. Kalau orang lain meminta kita membantu atau melakukan sesuatu, rasanya tidak enak kalau tidak bilang “iya”. Akibatnya, kita jadi sering mengiyakan hal-hal yang sebenarnya tak ingin kita lakukan.

Padahal sikap ini bisa menciptakan bencana, lho. Terlalu banyak melayani orang lain akan merampok waktumu untuk diri sendiri. Gara-gara terlalu fokus mewujudkan mimpi orang lain, kamu pun bisa gagal mewujudkan ambisi pribadi.

Namun terkadang Rasa gak enakan berawal dari ketika kita takut untuk menghadapi masalah atau konflik dengan orang lain. Daripada muncul masalah baru, kita sering membiarkan diri kita terjebak untuk selalu mengiyakan permintaan dari orang lain, padahal hal tersebut sedang tidak ingin kita lakukan.

Perasaan tidak enakan tersebut membuat kita takut untuk bilang tidak yang pada akhirnya diri kita yang akan mengalami kesusahan. Nah, untuk mengatasi rasa gak enakan tersebut, yuk baca 3 tips di bawah ini.

1. Berhenti untuk menyenangkan semua hati orang lain

gambar istimewa

Tips untuk menghilangkan rasa gak enakan yaitu dengan berhenti untuk menyenangkan semua hati orang lain. Ingat ya kamu juga mempunyai prioritas yang harus kamu lakukan.

Jika kamu masih berupaya untuk menyenangkan semua orang, lama-lama kamu akan merasa lelah sendiri karena tidak bisa memenuhi ekspetasi mereka. Selain itu perasaan atau suasana hati seseorang merupakan tanggung jawabnya masing-masing.

2. Jangan takut untuk bilang “tidak”

gambar istimewa

Tips ini bisa kamu lakukan yaitu jangan takut untuk bilang “tidak” terhadap apa yang tidak ingin kamu lakukan. Bilang “tidak” saat kamu sedang fokus dengan kegiatanmu bukanlah suatu kesalahan, sebab kamu juga memiliki kehidupan sendiri yang harus kamu urus. Ingat juga jangan melontarkan permintaan maaf berkali-kali, sebelum meminta maaf pikir dulu apakah hal tersebut kesalahanmu.

3. Jangan ragu untuk bersikap tegas

gambar istimewa

Tips selanjutnya yaitu jangan ragu untuk bersikap tegas. Temanmu yang meminta bantuan sekali dua kali tidak masalah kamu sanggupi. Tapi, kalau ia sudah berkali-kali dan melewati batas untuk memintamu selalu mengiyakan keinginannya jangan ragu untuk berkata tidak dan bersikap tegas. Sebab, kamu juga memiliki prioritas lain, jangan biarkan rasa gak enakan tersebut membuatmu menjadi kesusahan sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here