Channel E – Marah adalah hal yang normal dan sebenarnya emosi yang sehat. Tetapi, penting untuk menghadapinya dengan cara yang positif karena amarah yang tidak terkendali tidak hanya bisa merusak hubungan tetapi juga kesehatan mental dan fisik.

Kemarahan yang tidak terkendali terkadang membuat Anda mengatakan atau melakukan hal-hal yang akan disesali kemudian.

Jika Anda juga sering merasa marah, berikut beberapa tips manajemen kemarahan yang mudah, yang dapat membantu mengendalikan amarah sebelum amarah mengendalikan Anda.

1. Hitung Mundur

Gambar Istimewa

Hitung mundur atau hingga 10. Jika benar-benar marah pada sesuatu, Anda bahkan bisa mulai dari 100. Waktu yang dihabiskan dalam menghitung membantu detak jantung melambat dan pada akhirnya kemarahan akan mereda.

2. Ambil Napas Dalam-dalam

Gambar Istimewa

Saat marah, pernapasan meningkat dan menjadi lebih dangkal. Anda dapat membalikkan amarah atau setidaknya menurunkan amarah dengan mengambil napas lambat dan dalam dari hidung dan mengeluarkan napas dari mulut selama satu menit.

3. Jalan-jalan

Gambar Istimewa

Berolahraga menenangkan saraf dan dengan demikian membantu mengurangi kemarahan. Ketika merasa marah lain kali, berjalan-jalan, pergi ke pusat kebugaran, atau mencari lagu favorit. Cobalah apa pun yang membuat bergerak dan pikiran serta tubuh rileks.

4. Temukan Mantra dan Ulangi

Gambar Istimewa

Terkadang, kata atau frasa dapat membantu menenangkan. Saat marah, ucapkan hal-hal seperti “santai”, “bisa melakukannya”, atau “semuanya akan baik-baik saja”.

5. Tetap Tenang

Gambar Istimewa

Terkadang, kemarahan membuat Anda mengatakan dan bahkan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dan sesuatu yang akan Anda sesali nanti. Cobalah untuk tetap diam ketika merasa terlalu marah. Beri diri waktu tanpa bicara dan percayalah bahwa Anda akan merasa lebih baik dalam 5-10 menit ke depan.

6. Lakukan Peregangan

Gambar Istimewa

Menggerakkan leher dan bahu adalah gerakan yoga terbaik dan tidak berat, yang dapat membantu mengendalikan emosi. Anda bahkan tidak memerlukan peralatan apa pun untuk melakukan ini.

7. Berlatih Bersyukur

Gambar Istimewa

Ketika semuanya terasa salah, luangkan waktu sejenak untuk fokus pada apa yang benar. Menghitung berapa banyak hal baik yang Anda miliki dalam hidup dapat membantu mengendalikan amarah dan membalikkan situasi.

8. Ekspresikan Kemarahan

Gambar Istimewa

Terkadang tidak apa-apa untuk mengatakan bagaimana perasaan selama Anda bisa menanganinya dengan cara yang benar. Meskipun ledakan tidak dapat menyelesaikan masalah, dialog yang matang dapat membantu mengurangi kemarahan dan stres.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here