Channel E – Dalam sebuah hubungan, pasti ada yang namanya lika-liku kisah asmara. Akan tetapi, semua bisa dihadapi bila saling berusaha mempertahankan hubungan. Lantas bagaimana bila hambatan dalam hubungan muncul dari diri sendiri? Seperti misalnya sikap curiga berlebihan.

Tentu curiga yang berlebihan serta tak berdasar tidak baik jika dibiarkan. Sehingga mau tak mau kamu pun harus punya cara sendiri untuk mengatasinya. Agar lebih paham dampak jangka panjangnya, ini dia 5 alasan mengapa sikap curiga berlebihan tidak boleh dibiarkan dalam hubungan.

1. Hubungan gak Langgeng Jika ada Kecurigaan

Gambar Istimewa

Semua sepakat bahwa saling percaya adalah aspek dasar yang setidaknya harus dimiliki oleh sepasang kekasih. Itu merupakan kunci agar hubungan kalian mampu bertahan. Tanpanya kisah asmara yang tengah dijalani akan selalu penuh dengan curiga tanpa alasan.

Bila masih saja menyimpan curiga tak berdasar, konsekuensinya adalah cepat atau lambat hubungan pada akhirnya kandas.

2. Dengan Curiga Kamu akan Tersakiti Sendiri

Gambar Istimewa

Ketika kamu berpegang teguh pada rasa curiga, maka energi positif dalam dirimu akan terkikis seiring berjalannya waktu. Curiga berlebihan tersebut akan mencuri hampir seluruh waktu dan tenaga sampai ke titik paling parah.

Sadar tak sadar, kamu akan menyakiti diri sendiri. Sebelum kamu jatuh lebih dalam lagi, cobalah berdamai dengan sendiri terlebih dahulu dan berpikir secara jernih agar tak ada yang perlu disesali.

3. Hubungan Jadi Toxic Akhirnya Kalian Tidak Bahagia

Gambar Istimewa

Konsekuensi lain dari hubungan yang dipenuhi rasa curiga berlebihan adalah berakhirnya hubungan tersebut jadi tidak sehat atau dengan kata lain berubah jadi toxic.

Mungkin dimulai dari tidak harmonisnya satu sama lain dan dilanjut dengan frekuensi perseteruan yang semakin sering terjadi. Pada akhirnya, semua terasa jauh berbeda dari awal dan kalian sama-sama tak merasakan kebahagiaan lagi.

4. Kehilangan Banyak Momen Berdua

Gambar Istimewa

Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk berselisih paham dengan pasangan, maka akibatnya kalian akan kehilangan banyak momen. Termasuk momen untuk melakukan banyak hal menyenangkan yang biasa dilakukan.

Oleh karenanya, siapapun pihak dalam hubungan yang memiliki trust issue, mesti paham risiko jangka panjang yang akan ditimbulkan. Apalagi jika curiga yang dirasakan ternyata hanya hasil dari menerka-nerka.

5.  Kehilangan Kesempatan Jadi Patner Asmara

Gambar Istimewa

Saat kamu lebih banyak merasa curiga, waktumu akan terus terkuras habis oleh perasaan tersebut. Terlebih bila ternyata apa yang kamu curigai ternyata meleset jauh dari kenyataan.

Otomatis nantinya kamu sadar bahwa kamu telah kehilangan banyak kesempatan untuk jadi partner asmara yang baik. Jangan biarkan ini terus terjadi sampai ke titik kamu merasa menyesal tanpa bisa memperbaiki.

Ingatlah bahwa waktu akan membuktikan apakah curiga yang kamu rasa benar adanya atau malah sebaliknya. Secara logika, kalau dia yang terbaik untukmu, pasti dia tak akan pernah menyalahgunakan kepercayaan yang sudah kamu beri.

Tetapi jika dia berujung mengkhianati, kamu tak akan menyesal karena sudah melakukan yang terbaik. Bahkan bisa jadi dialah yang akan menyesal nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here