Channel E –Film musikal Cats membuat geger dunia internasional. Bagaimana tidak? Visual yang ditampilkan film ini jauh dari kesan lucu yang ditampilkan kucing. Kritik pun mengarah pada jalan cerita sampai penampilan kucing yang berupa aktor dipakaikan kostum bulu.

Cats merupakan film yang diadaptasi dari drama musikal karya maestro Andrew Lloyd Webbes. Cats meraih popularitas tinggi di Broadway maupun West End.

Sutradara film ini adalah Tom Hoppers yang pernah mendapat piala Oscar lewat film kolosal The King’s Speech (2010) dan Les Miserables (2012). Untuk film Cats, Beragam media mulai dari BBC hingga The Hollywood Reporter memberi review negatif.

Dilansir Business Insider, Kamis (19/2/2019), para kritikus film pun kompak mengecam film ini. Kritikus film dari majalah GQ bahkan membandingkan film Cats dengan Perang Irak yang kacau balau.

Cats adalah uang terbanyak yang dihamburkan seseorang pada suatu hal yang amat kacau balau sejak Perang Irak,” ujar kritikkus Gabriella Paiella. Ia pun dengan sarkastis mempertanyakan apakah orang yang membuat film ini pernah melihat seekor kucing.

Kritikus David Rooney dari The Hollywood Reporter juga heran mengapa tidak ada orang yang menghentikan proses pembuatan film ini sejak tahap awal.

“Hampir sulit dibayangkan bahwa film ini bisa melewati semua meeting pendahuluan produksi tanpa ada orang peka yang menahan prosesnya sambil berkata, ‘Tunggu sebentar, kucing-kucing itu amat mengerikan!'” tulis Rooney.

BBC berkata audiens pasti akan heran dengan film Cats, kecuali si penonton sedang berada di pengaruh zat halusinasi.

“Kecuali kamu berada di bawah pengaruh zat-zat psikoaktif saat menonton film ini, kamu akan merasa heran dan bosan … dan tak ada hubungannya dengan tingkah laku kucing-kucing sungguhan,” tulis kritikus BBC.

Film Cats baru saja tayang perdana di Lincoln Center, New York, pada 16 Desember kemarin. Film ini rencananya juga akan rilis di bioskop Indonesia.

Sebetulnya review negatif terhadap Cats sudah muncul sejak trailer filmnya rilis. Para wargenet di Twitter mengaku ketakutan setelah melihat penampilan para kucing. Beragam respons sarkastis pun muncul.

“Saya tidak paham mengapa kalian kaget melihat miniatur kucing berukuran besar dengan wajah seleb dan payudara seksi menampilkan balet mimpi buruk bagi para anak-anak,” ujar pembawa acara Louis Virtel.

Penulis kolom The Guardian Josephine Tovey bertanya di Twitter apakah bisa melaporkan film Cats kepada seorang pendeta karena ia menganggap film itu seram.

Film Cats memakan anggaran hingga USD 95 juta atau Rp 1,3 triliun (USD 1 = Rp 14.014). Aktor dan aktris berprestasi turut ambil andil dalam film ini termasuk Idris Elba dan Judi Dench.

Aktris utama dalam film ini adalah balerina Francesca Hayward yang bermain kucing Victoria. Pebalet Australia Steven McRae juga ikut mendapat peran. Hayward dan McRae sama-sama aktif di Royal Ballet, Inggris.

Penyanyi Taylor Swift turut menjadi sorotan karena mengisi soundtrack dan bermain sebagai kucing penggoda bernama Bombalurina. Idris Elba bermain sebagai antagonis Macavity.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here