Channel E – Di tengah kesibukannya sebagai aktor, Herjunot Ali merintis platform perusahan rintisan, Codafood. Platform ini wadah bagi para pebisnis kuliner untuk mengekspansi produk mereka ke luar negeri.

Pada awal 2020, Herjunot Ali beserta tim akan membuka cabang pertama Soto Betawi Bang Rojak di Jepang. Nantinya rumah makan tersebut akan di-rebranding dengan nama Soto Betawi Miyamoto.

Melalui platform Codafood, Herjunot Ali ingin memperkenalkan makanan khas Indonesia ke luar negeri. Apalagi, turis asal Indonesia di Jepang banyak jumlahnya.

“Codafood sendiri bukan restoran tapi platform, agensi untuk membawa kuliner lokal ke luar negeri. Ini membuat saya tertarik. Menarik sekali untuk membangun ekosistem ini,” jelas bintang film¬†Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk dan Jeritan Malam di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019) kemarin.

“Semoga (platform ini) bisa menyumbang ekosistem ekonomi bagi orang yang mau berbisnis. Mengembangkan sayap mereka lebih lagi ke luar negeri, menambah pengalaman, itu yang paling saya harapkan,” Herjunot Ali menyambung.

Ia dan Codafood telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum membuka restoran khas Indonesia di luar negeri.

“Kita tadi, kan food tasting soto Betawi ini dengan beberapa orang Jepang asli yang tinggal di Jakarta. Lalu kita pastikan bumbu dan bahan bakunya ada semua enggak di Jepang dan lainnya sehingga ini sudah fix,” jelas Herjunot Ali.

Aktor kelahiran 8 Oktober 1985, ini menjelaskan sistematika bagi pengusaha kuliner yang ingin menggunakan jasa Codafood untuk membuka gerai di luar negeri.

“Kita akan melakukan diskusi dengan pemilik brand¬†tersebut untuk kita bawa. Kita asesmen dulu, bahan-bahannya tersedia atau enggak, lokasinya memungkinkan atau enggak, lebih teknis, nanti kita akan membahas dengan tim operasional,” ia memaparkan.

Ke depan, platform ini akan membuka jaringan usaha ke Timur Tengah hingga Eropa. Jenis makanan yang akan dibawa pun bakal makin beragam, tak hanya soto Betawi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here