Channel E – Memiliki seorang sahabat adalah dambaan setiap manusia. Punya sahabat untuk curhat, sahabat untuk saling menyemangati, dan sahabat untuk saling menguatkan pasti beban hidup akan terasa lebih ringan.

Tapi kalau persahabatan kamu sering bermasalah apa jadinya? Pasti gak enak rasanya. Supaya persahabatanmu awet, kamu bisa coba melakukan lima hal kecil di bawah ini.

1. Mengucapkan Terima Kasih

Gambar Istimewa

Sekecil apa pun hal positif yang telah dilakukan sahabat untukmu, ucapkanlah terima kasih. Biasakan hal kecil itu agar sahabatmu terus semangat dan termotivasi untuk selalu membantumu. Ini mungkin hal yang sepele, tetapi cukup penting demi eratnya persahabatan. Dijamin dia bakal makin betah sahabatan sama kamu!

2. Mengaku Kesalahan dan Berani Meminta Maaf

Gambar Istimewa

Agar persahabatan makin erat, jangan utamakan egomu. Jika kamu salah, akui saja kesalahanmu dan cobalah untuk berani meminta maaf. Meski telah bersalah, tetapi meminta maaf itu adalah perbuatan yang terhormat. Sahabatmu pasti makin sayang!

3. Berbagi Ilmu Kepada Sahabatmu

Gambar Istimewa

Ceritakan hal yang kamu ketahui, berbagi dan diskusilah dengan sahabatmu. Apalagi kalau kamu punya keterampilan lebih, jangan pelit untuk berbagi ilmu ya! Siapa tahu kalian bisa bekerja sama dan sukses bareng-bareng.

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Gambar Istimewa

Terkadang kita tak suka pada topik pembicaran yang sedang dibahas bersama sahabat kita, namun sebisa mungkin kamu harus menjadi pendengar yang sabar agar sahabatmu merasa nyaman. Terlebih ketika sahabatmu sedang butuh teman curhat, kamu harus siap sedia menjadi pendengar yang baik untuknya.

5. Selalu Tepati Janji

Gambar Istimewa

Yang terakhir ini sangat penting. Berusahalah untuk menepati janji ketika kamu sudah mengucapkannya. Kalau tak bisa menepatinya, maka jangan mudah berjanji. Ini penting demi mendapat kepercayaan dari seorang sahabat. Kalau sudah saling percaya, persahabatan akan lebih erat dan dijamin awet sampai tua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here