Channel E – Pasar skuter premium tambah variatif dengan kemunculan Qooder. Skuter roda empat pertama di Indonesia.

Produk asal Swiss ini, diboyong ke Tanah Air oleh PT Gforce Republik. Keunggulan yang ditawarkan, teknologi suspensi yang dinamai HTS (Hydraulic Tilting System). Bagaimana spesifikasi lengkap motor roda empat yang dijual Rp 357 juta?

 

Keunggulan skuter roda empat Qooder ada pada sistem suspensinya, yang berbeda dari sepeda motor pada umumnya. Dibekali suspensi yang bernama HTS (Hydraulic Tilting System) untuk mengawal keempat rodanya.

Menariknya, sistem suspensinya ini berjalan secara independen di etiap rodanya. Tidak menggunakan per seperti layaknya sepeda motor, dan kerjanya digantikan dengan udara. Jadi, jika keadaan salah satu sisi suspensi berbeda dengan ukuran panjang ataupun pendek, maka skuter tetap pada posisi yang rata tanpa adanya kemiringan.

Memakai roda ukuran 14 inci dibalut ban ukuran 110/80, depan maupun belakang. Setiap rodanya dimodali cakram berukuran 240 mm. Namun hal yang sangat disayangkan untuk motor yang terbilang kelas premium ini belum adanya sensor ABS, baik di depan maupun belakang.

Spidometer kombinasi analog dan digital. Untuk bagian analog, kecepatan dan takometer serta suhu mesin. Sementara digitalnya diisi dengan odometer, tripmeter A dan B, jam, suhu sekitar, dan fuel meter yang terdapat pada sisi tengah speedometer tersebut, bisa dilihat sesuai pada gambar.

Di setiap sisinya terdapat beberapa indikator. Sisi kirinya ada check engine, lampu dekat dan jauh, dan juga indikator hazard. Sementara untuk sisi kanannya terdapat indikator fuel rest, accu, sistem pengunci HTS, parking brake, indikator baterai saat penggunanya mengisi ulang daya smartphone.

Badannya sangatlah besar, layaknya skuter premium. Ada banyak tarikan garis-garis tajam di sekujur tubuh. Bagian depannya terlihat mewah dan futuristik. Windshieldnya lebar, namun sayang belum adjustable.

Kemudian ada lampu model ganda. Di dalamnya ada projector untuk lampu dekat, dan halogen untuk lampu jauhnya, sementara untuk lampu belakang dan sein sudah LED.

Ada yang unik ketika kamu ingin membuka bagasi. Berbeda dari motor yang lain, Qooder ketika ingin buka bagasinya, bagasi bisa dibuka kalau motor dalam keadaan on. Sistem itu memudahkan pengendara saat ingin mengambil barang tanpa harus mematikan mesin motor.

Untuk soal jantung pacunya, motor ini terbilang memiliki mesin yang besar yakni menggunakan mesin SOHC 399 cc silinder tunggal, empat katup, serta berpendingin cairan. Tenaga maksimal Qooder yakni bisa mencapai 32,5 HP di putaran 7.000 rpm, serta torsi maksimum 38,5 Nm pada 5.000 rpm.

Dayanya disalurkan ke roda belakang melalui transimisi CVT, dengan dua belt berbahan carbon. Di tengah antara dua roda belakang ada knalpot,serta di atasnya ada tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter.

Qooder tersedia dalam lima pilihan warna yaitu mulai dari warna hitam, merah, silver, biru dan putih. Bagi yang ingin memilikinya, bisa langsung meminangnya dengan mengeluarkan duit sebanyak Rp357 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here