Channel E – Makan makanan favorit merupakan salah satu hal yang bisa membuat bahagia, apalagi ketika stres melanda. Namun, ada kalanya kamu wajib membatasi diri untuk mengonsumsinya. Misalnya ketika sedang berada di dalam pesawat, kamu harus menahan rasa keinginan kamu untuk memakan makanan yang ada di bawah ini.

Hal ini bertujuan supaya perjalananmu selama di atas nyaman dan lancar. Lalu makanan dan minuman apa saja yang dilarang di konsumsi ketika di dalam pesawat? Mari kita simak penjelasannya.

1. Kopi

gambar istimewa

Sebagian orang terbiasa menenggak segelas kopi sebelum penerbangan. Namun itu bukan ide yang baik. Pasalnya, dua jam setelah itu, justru akan mengganggu orang di samping tempat duduk lantaran bulak-balik kamar kecil dan merasa gelisah.

Sebuah studi 2017 di jurnal Frontiers in Nutrition menemukan, enam miligram kafein per kilogram berat badan (408 miligram untuk orang dengan berat 65 kg) memiliki efek diuretik. Efek itu menyebabkan tubuh kehilangan cairan, natrium, dan kalium. Menurut Mayo Clinic, kafein juga bisa mengakibatkan gejala seperti sakit kepala atau kram otot.

2. Minuman bersoda

gambar istimewa

Ruangan dengan tingkat oksigen yang rendah, misalnya pesawat, membuat orang dengan gangguan paru-paru berisiko. Sebuah penelitian di European Respiratory Journal menemukan, 18 persen penumpang dengan penyakit paru-paru mengalami gangguan pernapasan ringan selama penerbangan.

Keadaan tersebut kian buruk jika mengasup minuman yang memberikan gas tambahan karena dapat meningkatkan tekanan pada paru-paru. The Aerospace Medical Association merekomendasikan menghindari minuman berkarbonasi yang justru meningkatkan pembentukan gas dan membahayakan pernapasan.

3. Popcorn

gambar istimewa

Makan popcorn saat penerbangan dapat mengganggu orang yang duduk di samping, karena pesawat seringkali turbulensi dan bisa menyebabkan popcorn berjatuhan.  Belum lagi efek pada perut yang justru bikin kembung.

4. Kacang polong dan kacang lentil

gambar istimewa

The Aerospace Medical Association mengungkapkan, perubahan dalam tekanan kabin dapat menyebabkan gas di usus meluas hingga 25 persen. Kacang polong yang kaya serat membuat tekanan gas lebih besar, dan pasti cukup mengganggu ketika pesawat sudah lepas landas. Bagi ibu hamil itu tambah tak nyaman

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja yang sebaiknya gak dikonsumsi saat naik pesawat? Jangan sampai makananmu mempengaruhi kenyamananmu saat terbang ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here