Channel E – Kalau menyebut ikan paling berbahaya di dunia, nampaknya banyak yang setuju kalau menyebut piranha dan hiu. Wajar saja, dua-duanya punya gigi tajam dan begitu brutal memakan mangsanya.

Di Sungai Amazon yang melintasi beberapa negara di Amerika Latin seperti Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, dan Peru terdapat ikan yang dinilai paling berbahaya di dunia. Candiru namanya.


Candiru fish/ikan candiru (Vandellia cirrhosa) disebut juga sebagai ikan vampir. Sebab, ikan ini menyukai darah. Uniknya, ikan ini tidak punya bentuk yang mengerikan. Ikan candiru badannya ramping dan panjangnya kisaran 5-20 cm, paling panjang bisa mencapai 40 cm. Banyak juga yang menyebutnya sebagai ikan tusuk gigi.

Ikan candiru sudah menjadi cerita horor bagi masyarakat yang hidup di sekitar Sungai Amazon dari berabad-abad silam. Barulah di abad ke-19, ikan candiru mencuri perhatian dunia sains.

istimewa

Masyarakat di sekitar Sungai Amazon percaya, ikan candiru akan masuk ke dalam alat kelamin manusia baik itu penis dan vagina (walau kebanyakan penis). Saat ada orang yang mandi, ikan itu akan masuk ke alat kelaminnya dan memakan dagingnya dari dalam.

Cerita tentang ikan candiru masih dipercayai hingga kini. Para saintis pun sudah banyak yang melakukan penelitian. Eugene Willis Gudger dari American Journal of Surgery melakukan penelitian tentang ikan candiru pertama kali, di tahun 1930. Diketahui, ikan candiru bagaikan parasit.

Ikan candiru pun menyerang ikan lain dengan cara masuk ke bagian insang. Kemudian dari dalamnya, ikan candiru memakan daging dan darahnya sampai mangsanya mati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here