Siswa Yang Melaporkan Kasus Korupsi Di Sekolah Jebolan Idol Korea Selatan, SOPA, Menerima Penghargaan Dari Kantor Pendidikan Seoul. Sebuah Upacara Pun Diadakan Oleh Kantor Pendidikan Seoul Untuk Memberikan Penghargaan Itu.

Channel E – Beberapa waktu lalu, para pecinta K-Pop dihebohkan dengan berita mencengangkan dari sekolah para idol Korea Selatan, yakni School of Performing Arts Seoul (SOPA). Pasalnya, beberapa siswa yang pernah bersekolah di sana mengungkapkan dugaan korupsi yang dilakukan oleh para petinggi sekolah tersebut.

Atas keberaniannya itu, Baek Min Sung, pemimpin para siswa yang melaporkan kasus korupsi tersebut baru saja menerima penghargaan dari Kantor Pendidikan Seoul pada Kamis (26/12). Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi atas bantuannya dalam mengungkap korupsi di sekolah jebolan para idol Korea Selatan itu.


“Kami memberikan penghargaan kepada pemimpin para siswa yang menentang pelanggaran hak (siswa),” ujar pengawas pendidikan setempat yang dilansir Soompi pada Jumat (27/12). “Kami berharap mereka akan menjadi pemimpin masyarakat di masa depan juga.”

Untuk memberikan penghargaan itu, Kantor Pendidikan Seoul pun mengadakan sebuah upacara. Tak hanya Baek Min Sung, tiga orang lain yang berkontribusi dalam melaporkan hal tersebut pun menerima penghargaan.

Masalah ini menjadi dikenal luas sejak bulan Februari 2019. Pada waktu itu, beberapa siswa yang pernah bersekolah di sana mengunggah sebuah video di YouTube yang menceritakan mengenai perbuatan tidak adil yang dilakukan oleh SOPA kepada para siswanya. Berikut adalah video yang sempat viral tersebut.

Beberapa diantaranya yakni mereka dipaksa untuk membuat sebuah pertunjukan di luar sekolah. Namun, mereka juga harus membiayai pertunjukan tersebut dengan uang pribadi. Tak hanya itu, para siswa sekolah menengah itu pun diminta untuk melakukan berbagai aksi menggoda dengan berpakaian seksi atau melakukan sentuhan fisik.

Banyak para siswa yang merasa bahwa perlakuan tersebut sangat tidak adil. Akan tetapi, ketika para siswa melaporkan hal tersebut ke komite disiplin sekolah, mereka justru diancam melalui telepon, atau diperingatkan akan tindakan hukum.

Usai Baek Min Sung dan kawan-kawannya membuat video yang viral tersebut, Kantor Pendidikan Seoul akhirnya mengkonfirmasi bahwa laporan para siswa itu benar dan mengungkap adanya dugaan korupsi yang dilakukan para petinggi di sekolah tersebut. Kepala sekolah dan kepala administrasi SOPA pun akhirnya dituntut untuk diberhentikan. Namun, tuntutan itu tidak terpenuhi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here