Channel E – Indonesia dikenal sebagai negara dengan mayoritas Islam terbesar di dunia. Penggunaan produk halal selalu diutamakan salah satunya ialah produk kecantikan kuteks. Kuteks adalah cat kuku atau pewarna kuku yang fungsinya memperindah dan melindungi lempeng kuku.

Di Indonesia sendiri penggunaan kuteks cukup difavoritkan khususnya bagi kaum hawa. Namun sayang, beberapa wanita dilarang menggunakan kutek karena tak membuat wudhu sah. Lapisan cat yang melapisi kuku membuat air wudhu tak dapat menembus dan mensucikan kuku sehingga wudhunya tidak sah.

 


 

Oleh karena itu, kemunculan kuteks halal menjadi solusi bagi kaum hawa yang ingin mempermanis kuku tanpa perlu khawatir menganggu kegiatan peribadatan. Kuteks halal biasanya akan mengandung polimer yang mampu dilewati air dan oksigen. Ini artinya kuteks halal akan ditembus oleh air wudhu sehingga bisa kamu pakai dalam keseharian walau kalian sedang tidak menstruasi.

Tentu saja bahan yang mudah meresap air ini sangat jarang ditemukan pada kuteks non halal. Nah penasaran apa saja rekomendasi kuteks halal? Yuk disimak! Disini

1. Kuteks Maya Cosmetics

istimewa

Brand kecantikan Maya Cosmetics menghadirkan produk halal untuk perempuan Muslim, termasuk di antaranya adalah kuteks. Produk kuteks dari Maya Cosmetics bahkan telah disertifikasi oleh IFANCA (Islamic Food and Nutrition Council of America) loh. Kuteks ini bebas 9 bahan berbahaya, bersifat vegan, dan enggak menghalangi air wudu untuk masuk ke dalam kulit serta kuku.

Bahkan pada situs resminya, Maya Cosmetics juga memberikan tutorial wudu dengan instruksi cara merawat kuku saat sedang membasuhnya. Maya Cosmetics ini juga memiliki kuteks dengan glitter dan mettalic, yang umumnya jarang ditemukan di brand lain. Menarik banget bukan?

 

2. Inglot O2M Breathable Nail Enamel

istimewa

Inglot merupakan brand kuteks yang berasal dari Polandia. Namun meski begitu mereka punya jenis kuteks yang halal bernama Inglot O2M Breathable Nail Enamel. Kuteks ini sudah pernah dilakukan penelitian oleh seorang muslim bernama Shaykh Mustafa Umar, Director of Education & Outreach di Islamic Institute of Orange County di California dan akhirnya memberikan label halal.

Dalam uji cobanya, Umar mengoleskan cat kuku pada kertas penyaring kopi. Setelah cat kuku kering, air diteteskan dan benar saja, air menyerap ke bawah kertas. Hal tersebut semakin menjawab kegelisahan para wanita Muslimah. Brand kuteks Inglot ini sudah menjadi tren di kalangan remaja muslim Indonesia sejak beberapa tahun belakangan ini. Bahkan, kuteks Inglot sudah terkenal dan banyak dipakai oleh Influencer Hijab di Indonesia loh.

 

3. Zoya Nail Polish

istimewa

Mungkin selama ini masyarakat mengenal Zoya sebagai brand fashion khusus kaum muslim. Namun saat ini Zoya telah merambah produk kosmetik sebagai salah satu inovasinya termasuk kuteks. Pilihan warnanya cukup beragam, mulai dari warna pastel, flashy, satin, hingga glitter. Selain halal, kuteks ini juga aman digunakan para oleh Muslimah masa kini.

Tidak hanya halal, kuteks dari Zoya juga bebas toksin sehingga tidak akan merusak pigmen kuku. Cat kuku ini juga dijamin tidak akan membuat kuku menjadi kering dan rapuh. Selain tahan air, kuteks Zoya ini juga tahan lama dan ringan ketika digunakan.

 

4. ORLY Breathable Nail Polish

istimewa

Salah satu brand kuteks ternama, ORLY diketahui berkolaborasi dengan Muslim Girl dan menghadirkan koleksi bertajuk Halal Paint yang ditujukan untuk perempuan muslim. Koleksi terbatas ini memiliki 6 warna modern yang ramah wudu dan diformulasikan dengan kandungan seperti minyak argan, pro-vitamin B5, dan vitamin C.

Harga satu seri kuteks ini memang terbilang cukup mahal, kisaran Rp 545 ribuan di situs resminya. Namun kalian akan mendapatkan enam kuteks sekaligus mulai dari kuteks bening yang berfungsi sebagai base dan top coat serta lima pilihan warna lainnya seperti nude, maroon, dan metalik. Kuteks ini memiliki teknologi terkini yang membuat oksigen dan air mampu terserap ke dalam kuteks.

 

5. LYN (Love Your Nails)

istimewa

LYN atau Love Your Nails merupakan kuteks halal yang memiliki 28 shades warna. Enggak usah khawatir, kuteks ini sudah memperoleh sertifikat halal kok. Bahkan, karena sertifikat halalnya yang sudah terpercaya, Love Your Nails ini sudah beredar di pasaran Timur Tengah, Uni Emirat Arab dan India.

Formula khusus yang digunakan sebagai bahan dasar kuteks ini bernama Ch2olor Complex yang terbuat dari air dan berpori. Pada saat berwudu, air dapat menembus lapisan kuteks sehingga dapat meresap pada pori-pori kuku. Inilah yang menyebabkan kuteks bersertifikat halal ini tidak diragukan lagi. Kamu tidak perlu khawatir lagi deh soal ibadah.

 

6. Vivre Breathable Nail Polish

istimewa

Perusahaan Vivre Breathe merilis kuteks yang aman, bebas bahan berbahaya, bersertifikasi halal, dengan formula yang dibuat di Amerika. Kuteks Vivre dikhususkan untuk perempuan modern yang sibuk dan menginginkan kuteks yang cepat kering dan tahan lama.

Selain memiliki sertifikasi halal, cat kuku Vivre ini tidak hanya aman digunakan tetapi juga dapat membuat kuku kalian semakin sehat dan kuat loh. Hal ini karena kuteks ini tidak mengandung paraben dan bahan kimia lain yang berbahaya. Sesuai dengan namanya, kuteks ini juga dapat menyerap udara dan air dengan sempurna.

 

7. Tuesday In Love

istimewa

Jika dilihat dari nama brand-nya, kalian mungkin tidak menduga jika Tuesday in Love ini menawarkan kuteks halal. Namun enggak usah khawatir karena brand kuteks asal Kanada ini benar-benar menawarkan kuteks dengan bersertifikat halal. Kuteks yang mudah dikelupas ini pun dikatakan berformula water permeable atau berpori sehingga air bisa masuk dan aman dipakai wudu.

Kuteks ini lahir karena kesulitan seorang suami yang ingin mencari kuteks halal untuk istrinya. Kuteks Tuesday in Love memiliki varian warna yang beragam. Perusahaan ini pun memastikan kalau penggunanya enggak perlu menggosok atau menekan kuku saat wudu agar air dapat menyerap ke dalam kuku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here