Channel E – Beberapa sayuran terasa enak disantap mentah-mentah sebagai lalapan. Namun salah satu cara untuk menikmati sayuran agar lebih nikmat adalah dengan dimasak terlebih dulu.

Sayangnya cara memasak yang salah akan membuat sayuran kehilangan nutrisi dan vitamin yang dimilikinya. Jika hal ini terjadi, kita akan kehilangan manfaat dari sayuran itu sendiri.

 


 

Karena itulah penting untuk mengetahui cara memasak sayuran yang baik dan benar. Dengan mengikuti beberapa tips ini, dijamin deh kamu bisa memasak sayuran yang enak namun tetap sehat dan bergizi.

 

1. Sebelum Dimasak, Cuci Sayuran dengan Air Mengalir dan Jangan Direndam

istimewa

Sebelum memasak sayuran, kita harus mencucinya terlebih dahulu. Mencuci sayuran penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri, kuman maupun pestisida yang menempel.

Cuci sayuran pada air mengalir dan jangan pernah direndam. Merendam sayuran bisa membuat kandungan nutrisinya hilang, salah satunya adalah vitamin C. Sebab vitamin C sangat rentan terhadap panas, air dan juga udara.

 

2. Ingin Memasak Sayuran dengan Enak Namun Tetap Sehat? Potong Besar-Besar Ya

istimewa

Untuk sayuran yang memiliki banyak kandungan vitamin larut air seperti vitamin C, sebaiknya potong dalam bentuk besar atau dimasak dalam bentuk utuh. Hal ini diperlukan untuk mencegah banyaknya kandungan nutrisi yang bisa hilang selama proses pemasakan. Karena semakin kecil potongan sayuran, maka semakin banyak nutrisi yang dapat hilang saat proses pemasakan.

Kalau ingin mendapatkan potongan yang lebih kecil, kamu bisa memotongnya lagi setelah dimasak. Misalnya kamu bisa merebus kentang utuh dengan kulitnya, karena kulit kentang mengandung banyak nutrisi. Setelah direbus, kamu bisa memotongnya menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dimakan.

 

3. Selalu Perhatikan Waktu, Suhu dan Air Saat Memasak Sayuran Agar Rasanya Enak dan Tetap Sehat

istimewa

Ketika sedang memasak sayuran sebaiknya perhatikan waktu, suhu dan jumlah minimal air yang digunakan. Jangan masak sayuran terlalu lama, jangan biarkan suhunya terlalu tinggi dan jangan beri air terlalu banyak. Hal-hal ini bisa membuat berbagai nutrisi yang terkandung dalam sayuran menghilang. Semakin sedikit air yang digunakan untuk memasak, semakin banyak nutrisi yang dipertahankan.

Karena itu, sebaiknya kukus sayuran yang mengandung vitamin larut air (seperti vitamin B dan C) alih-alih direbus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa brokoli yang dimasak dengan cara dikukus bisa mempertahankan kandungan vitamin C-nya hingga 80 persen jika dibandingkan dengan metode memasak yang lain.

 

4. Mengukus dan Memanggang Sayuran Bisa Membuatnya Tetap Enak dan Sehat

istimewa

Sebelumnya telah disebutkan keuntungan memasak sayuran dengan metode dikukus. Bisa dibilang jika metode ini adalah yang paling baik untuk memasak sayuran, terutama untuk sayuran yang mengandung vitamin larut air. Mengukus terbukti dapat mempertahankan lebih banyak kandungan nutrisi dan vitamin di dalam sayuran daripada metode memasak lainnya.

Selain itu, memanggang sayuran juga pilihan baik lainnya jika ingin menghasilkan masakan yang enak dan sehat. Sebaiknya sayuran diberi minyak terlebih dulu sebelum dipanggang. Setelah itu panggang sayuran sampai berubah warna dan teksturnya jadi renyah. Jika menggunakan metode ini sebaiknya potong sayuran lebih kecil agar dapat mempersingkat waktu pemanggangan.

 

5. Hati-Hati Saat Menumis Sayuran, Perhatikan Cara Ini Agar Tetap Enak dan Sehat

istimewa

Menumis bisa dibilang sebagai cara cepat dan mudah dalam memasak sayuran. Tapi kalian sebaiknya berhati-hati saat memasak sayuran menggunakan metode ini, karena menumis bisa membuat sayuran menjadi layu dan kehilangan banyak nutrisinya.

Karena itu penting untuk memperhatikan waktu menumis. Sebaiknya tumis sayuran selama 3-4 menit saja, lalu tutup sebentar sekitar 2 menit. Dengan cara ini sayuran bisa matang, bumbunya meresap dan tidak terlalu layu. Rasa yang dihasilkan pun akan tetap lezat, renyah dan segar. Selain itu, sebaiknya gunakan minyak zaitun untuk menumis sayuran agar bisa menjaga nutrisi yang ada di dalamnya.

 

6. Sebaiknya Hindari Cara Presto Jika Ingin Memasak Sayuran dengan Enak dan Sehat

istimewa

Ada banyak orang yang memilih cara presto untuk memasak sayuran. Hal ini disebabkan karena memasak sayuran dalam tekanan tinggi bisa menyingkat waktu memasak, sehingga sayuran tidak akan kehilangan banyak nutrisinya.

Namun cara ini juga memiliki kendala, karena jika dipresto terlalu lama sayuran akan lembek. Karena itu sebaiknya pisah sayuran berdasarkan jenisnya (dilihat dari tekstur dan kepadatan) dan perhatikan waktu yang tepat saat sayuran dipresto. Jika kesulitan, sebaiknya hindari memasak sayuran dengan cara dipresto ya.

 

7. Sayuran Akan Tetap Enak dan Sehat Jika Direbus dengan Cara Ini

istimewa

Merebus adalah metode yang paling sering digunakan dalam memasak sayuran karena tergolong mudah dan cepat dilakukan. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sayuran tidak kehilangan nutrisinya saat direbus. Pertama, tunggu sampai air mendidih sebelum memasukkan sayuran ke dalamnya.

Tapi kamu juga bisa menggunakan metode blanching, yakni merebus sayuran dalam waktu cepat pada suhu air yang lebih rendah sebelum mendidih. Untuk memaksimalkan manfaatnya dan agar tidak kehilangan kandungan nutrisinya, kamu bisa mengkonsumsi air rebusan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here