Channel E – Di dunia kesehatan ada banyak mitos yang beredar. Bahkan, tak cuma pasien yang percaya beberapa dokter pun mempercayai mitos tersebut.

Kurangnya pengetahuan terkadang membuat seseorang bingung antara harus percaya atau memilih mengabaikan anjuran tersebut. Padahal, nggak semua anjuran tentang kesehatan itu benar.

Saat mengungkapkan sebuah fakta apalagi di dunia medis perlu didukung oleh riset ilmiah yang terpercaya. Baru-baru ini, para peneliti menemukan 400 hal yang bertentangan dengan penelitian.

Para peneliti menelisik 3.000 penelitian yang diterbitkan dari 2003-2017 di JAMA dan Lancet serta New England Journal of Medicine dari 2011-2017. Hasilnya, ada 1 dari 10 kesimpulan yang berkebalikan dengan apa yang dokter yakini selama ini.

“Orang-orang yang sangat cerdas dan beritikad baik untuk mempraktikkan mitos ini sejak lama, tapi mereka salah,” kata dokter Vinay Prasad dari Oregon Health and Science University, Amerika Serikat.

Berikut mitos yang harus berhenti dipercayai dan penjelasan fakta yang sebenarnya:

1Anak alergi kacang apabila dikenalkan sebelum 3 tahun

Gambar Istimewa

Banyak dokter yang menasihati orang tua untuk tidak mengenalkan kacang pada anak di bawah tiga tahun. Faktanya, anak yang mengenal kacang sebelum berusia 1 tahun tidak berisiko lebih besar terkena alergi kacang.

Back

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here