Channel E – Musik selalu menjadi hal yang dinamis dan berkembang seiring waktu. Sama halnya dengan fashion atau film, musik juga memiliki genre yang bermacam-macam. Dan genre tersebut terus berubah mengikuti zaman.

Ada kalanya kita dapat melihat bahwa musik rock/alternative rock sedang booming lalu dilanjut dengan genre musik pop, jazz, dan lain-lain. Dengan munculnya kanal di media digital saat ini pula kita jadi bisa mendengarkan musik di mana pun dan kapan pun. Salah satunya di Youtube dan Soundcloud.

Saat ini terdapat satu jenis musik yang tengah menjadi tren karena terkenal dapat membuat setiap orang yang mendengarnya menjadi lebih santai dan fokus. Musik ini dikenal dengan nama musik Lo-fi. Jadi, apa sebenarnya musik Lo-fi itu?

1. Lo-Fi Sudah Dikenal Sebelum Tahun 1990-an

Gambar Istimewa

Menurut sumber dari Wikipedia, lagu jenis ini memang sudah dikenal sebelum tahun 1990-an, namun dengan pengucapan yang berbeda yaitu “Low-fi” dimana kata itu berasal dari kata ‘Low Fidelity’, artinya lagu ini memiliki kualitas suara yang lebih rendah dari musik-musik lain pada umumnya.

Dan di tahun sebelum era 1990-an, lagu ini mungkin memang belum dikenal sebagai jenis musik yang populer.

2. Menjadi Trend di Youtube dan Soundcloud

Gambar Istimewa

Jika kamu termasuk orang yang senang mengeksplorasi musik di Youtube dan Soundcloud, bisa dijamin sebagian besar akan tahu jenis musik ini. Dengan suara berkualitas rendah seperti mendengarkan radio dan sebagian besar tanpa lirik, banyak orang yang mendengarkannya saat mereka sedang suntuk dan bosan dengan lagu-lagu mainstream lainnya.

Karena bisa dibilang musik lo-fi ini adalah sisi ‘vintage’ atau underrated-nya dunia musik. Sebab banyak musisi yang ditampilkan di playlist musik lo-fi ini tidak terlalu dikenal masyarakat luas.

3. Makin Banyak Lagu Kekinian yang Dibuat Versi Lo-Fi-nya

Gambar Istimewa

Nah, karena jenis musik ini semakin populer maka semakin banyak pula orang kreatif yang kemudian membuat versi jenis musik lo-fi dari lagu mainstream yang kekinian seperti pop, jazz bahkan lagu K-Pop yang tengah naik daun saat ini. Seperti contohnya lagu grup K-Pop, BTS, yang dibuat jenis musik lo-fi nya.

4. Solusi Tepat Untuk Fokus Saat Belajar atau Bekerja

Gambar Istimewa

Jenis musik lo-fi ini diakui banyak orang dapat membuat lebih fokus dikarenakan nada-nada yang disuguhkan lagu ini begitu menenangkan. Dengan nada rendah dan melodi yang lembut membuat orang yang mendengarkan menjadi dapat lebih fokus pada pekerjaannya atau pelajaran.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here