Channel E -Dengan mempunyai kandungan nutrisi yang banyak dan tekstur dagingnya yang tebal, membuat alpukat menjadi buah-buahan yang nikmat untuk dikonsumsi dan memiliki banyak penggemar.

Selain itu, alasan buah tropis ini digemari banyak orang karena memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut ini adalah manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh berdasarkan pendapat ahli:

1. Meningkatkan Rasa Kenyang

Gambar Istimewa

Seperti yang dilansir dari dari Health, alpukat menyediakan sekitar 22 gram lemak tak jenuh sehingga secara signifikan untuk mengurangi rasa lapar hingga lima jam.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Gambar Istimewa

Mengonsumsi jenis lemak yang tepat sebenarnya adalah strategi penurunan berat badan yang cerdas. Selain meningkatakn rasa kenyang, lemak nabati yang terkandung dalam alpukat menyediakan aktioksidan dan melawan peradangan, yang keduanya dikaitkan dengan manajemen berat badan.

Oleh karena itu, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa seseorang yang biasa mengonsumsi alpukat memiliki berat badan dan pinggang yang lebih kecil, bahkan tanpa makan sedikit kalori pun.

3. Alpukat Sebagai Pemacu Nutrisi

Gambar Istimewa

Mengonsumsi alpukat dapat membantu Anda menyerap lebih banyak antioksidan dari makanan sehat lainnya. Dalam sebuah penelitian di Ohio, Amerika Serikat, ketika seseorang mengonsumsi alpukat diketahui dapat melawan kanker dan penyakit jantung.

Penelitian baru lainnya juga menemukan bahwa dengan memadukan alpukat dengan saus tomat dan wortel dapat meningkatkan penyerapan vitamin A pada sayuran yang merupakan nutrisi penting untuk kulit, penglihatan, dan kekebalan tubuh.

4. Mengurangi Risiko Pengembangan Degenerasi Makula

Gambar Istimewa

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin di mana dapat memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar ultraviolet. Menambahkan alpukat ke dalam pilihan makanan Anda dapat membantu mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia. Hal ini sesuai yang dilansir dari Medical News Today.

5. Pencegahan Osteoporosis

Gambar Istimewa

Setengah alpukat menyediakan sekitar 25% vitamin K harian yang direkomendasikan. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

6. Turunkan Risiko Depresi

Gambar Istimewa

Makanan yang mengandung folat dalam jumlah yang tinggi, seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko depresi. Kandungan dalam alpukat ini dapat membantu mencegah penumpukan homocysteine, suatu zat yang mengganggu sirkulasi pengiriman nutrisi ke otak.

Kelebihan homocysteine dapat mengganggu produksi dari serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here