Mitos Atau Fakta Terkait Manfaat Minum Air Hangat

1
58

Channel E – Mengonsumsi air hangat dipercaya mendatangkan manfaat kesehatan lebih banyak dibandingkan minum air dingin. Klaim ini bisa jadi benar pada beberapa hal dan kondisi tertentu. Simak mitos dan fakta terkait manfaat minum air hangat berikut ini.

Tubuh akan kehilangan cairan melalui keluarnya keringat saat beraktivitas dan terpajan hawa panas. Selain itu, cairan tubuh akan keluar melalui pembuangan urine dan kotoran, serta uap yang keluar tiap mengembuskan napas serta dari pori-pori kulit. Konsumsi air diperlukan untuk mengganti cairan tersebut, sehingga metabolisme tubuh dapat tetap bekerja dengan lancar.

Apakah manfaat minum air hangat memang lebih baik dibandingkan air dingin? Channel E sudah merangkum semuanya, sebaiknya kita cermati mitos atau fakta tiap anggapan yang beredar selama ini.

Mengenai kondisi-kondisi berikut sebenarnya tidak bisa diatasi dengan mengonsumsi air hangat. Apa saja mitos-mitos manfaat air hangat yang dimaksud?

Membersihkan saluran pencernaan

Gambar Istimewa

detoksifikasi tubuh yang terkenal yakni dengan cara minum air hangat yang sudah dicampur air garam tidak beryodium. Disebutkan bahwa air tersebut memiliki efek laksatif yang dapat menyebabkan buang air besar dalam jangka waktu satu jam atau lebih. Cara ini dipercaya dapat membersihkan usus besar, mengobati sembelit dan membantu detoksifikasi tubuh, membuang racun dan parasit yang bersembunyi di dalam usus.

Membakar lebih banyak kalori

Gambar Istimewa

Ada klaim yang menyatakan bahwa mengonsumsi air hangat membakar lebih banyak kalori dibandingkan air dingin. Justru fakta yang ada mengungkap sebaliknya, mengonsumsi air dingin dikatakan dapat membakar kalori tubuh sedikit lebih efektif. Hal ini dikarenakan suhu tubuh akan meningkat untuk menghangatkan air dingin.

Akan tetapi, efek mengonsumsi air dingin ini tidak signifikan manfaatnya untuk membantu mengurangi berat badan karena kalori yang terbakar hanya sedikit.

Mengenai Fakta Kondisi-kondisi berikut benar-benar bisa diatasi berkat manfaat minum air hangat.

Meredakan gejala flu

Gambar Istimewa

Minum air hangat dapat membantu meringankan gejala flu seperti sakit tenggorokan, pilek, dan mencegah dehidrasi. Air hangat akan membantu tubuh untuk mengurangi iritasi tenggorokan. Uap hangat juga dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Anda dapat menambahkan jahe, lemon atau madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan segera.

Meredakan stres

Gambar Istimewa

Minum air hangat dapat membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Efek ini dapat membuat rileks dan meringankan stres dan rasa cemas.  Bahkan mandi atau minum air hangat dapat membantu agar tidur lebih nyenyak. Untuk hasil yang maksimal, jangan hanya air hangat, Anda dapat minum susu hangat untuk membantu merasa lebih tenang dan nyaman.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here