Fakta Soal Isu Tentang Susu Soda Yang Bisa Membersihkan Paru-paru

1
81

Channel E – Banyak pakar menyatakan bahwa merokok berbahaya bagi paru-paru. Namun, beberapa orang menganggap ada banyak cara membersihkannya.

Salah satu minuman yang dipercaya mampu membersihkan paru-paru perokok adalah minuman yang tidak asing lagi apalagi kalau bukan soda gembira.

Gambar Istimewa

Ya, minuman ini adalah perpaduan antara minuman soda seperti fanta dengan susu. Ada orang yang percaya, minuman tersebut bisa membersihkan organ dari zat sisa asap rokok.

Hal itu dibantah oleh dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto kepada Health Liputan6.com.

“Sebenarnya itu mitos saja. Pada dasarnya mau minum soda, mau minum apa pun, kalau sudah punya sakit atau racun yang masuk ke dalam paru itu tidak bisa dibersihkan,” kata Agus ditemui di kantornya di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Faktanya, susu soda tidak bisa membersihkan paru-paru. Hal ini diungkapkan oleh pakar kesehatan. Manfaat susu soda yang disebut-sebut bisa membersihkan paru-paru merupakan sesuatu yang salah kaprah dilansir dari doktersehat.

Susu soda tidak ada hubungannya dengan pembersihan paru-paru alias tidak berfungsi membersihkan paru-paru manusia. Kandungan nikotin yang terdapat di tubuh tidak bisa hilang begitu saja hanya dengan meminum susu soda.

Meminum susu soda justru akan membuat banyak lendir di tenggorokan. Para perokok yang sudah termakan isu ini sebaiknya harus mencari solusi lain untuk mengatasi masalah paru-parunya.

Jadi, daripada minum susu soda, lebih baik para perokok mulai menghentikan kebiasaan merokoknya untuk membantu menjaga kesehatan paru-parunya, sebelum semakin parah.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here