Channel e – Tahun ini Turnamen Piala Presiden Esports kembali digelar. Grand Final akan digelar pada 1-2 Februari 2020, di ICE BSD City, Tangerang.

Untuk wilayah timur dan barat sudah mulai digelar. Putaran final kualifikasi wilayah timur dihelat di Surabaya, Jawa Timur.

Ketua panitia penyelenggara Piala Presiden Esports 2020 Giring Ganesha kepada wartawan di Surabaya, Jumat (10/1/2020), mengatakan final kualifikasi regional Indonesia timur diselenggarakan di Atrium Pakuwon Mall Surabaya, 11–12 Januari 2020.

“Final kualifikasi regional ini merupakan lanjutan tahapan babak penyisihan yang dimulai sejak 13 Oktober 2019 lalu. Secara keseluruhan, tercatat sebanyak 177.098 pemain telah mendaftar dan mengikuti kualifikasi awal yang diselenggarakan secara online,” ucap Giring.

gambar istimewa

Giring menjelaskan, final kualifikasi regional Indonesia timur akan melibatkan 12 tim (48 pemain) untuk game Free Fire, 64 pemain di game eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan 32 pemain di game Mobile Premiere League (MPL).

Regional Indonesia timur ini mencakup Kalimantan 2 (Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan), Sulawesi, Jawa 3 (Jawa Timur, Bali, Lombok, dan Nusa Tenggara), serta Indonesia timur (Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat).

Para pemenang dari masing-masing tahapan ini akan melaju ke grand final nasional Piala Presiden Esports 2020 di Jakarta pada 1-2 Februari mendatang.

Giring menambahkan penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 yang memasuki tahun kedua ini merupakan kolaborasi IESPL sebagai mitra pemerintah melalui Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Akan ada tiga game yang dipertandingkan dalam turnamen ini, yakni Free Fire, Pro Evolution Soccer (PES), dan Fruit Dart dari Mobile Premier League.

Kali ini Piala Presiden Esports 2020 akan berbeda dari tahun lalu. Tak hanya atlet-atlet dan tim esports Indonesia, turnamen olahraga elektronik yang telah memasuki tahun kedua ini juga diikuti peserta dari negara Asia Tenggara, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here