Channel E – Warga Twitter sempat di hebohkan dengan sebuah thread KKN Desa Penari dari akun SimpleMan. Banyak yang bertanya-tanya tentang keaslian cerita, karakter, lokasi, dan sebagainya.

Bahkan, sejumlah selebritas membuat konten dengan membahas KKN di Desa Penari hingga muncul ide membuat novel hingga yang terkini, layar lebar.

Seperti apa perjalanan cerita horor KKN di Desa Penari yang berawal dari thread Twitter hingga menjadi karya novel dan akan dibuatkan film?

gambar istimewa

Awal viral

Warga Twitter di buat penasaran dengan membaca thread horor ini karena thread nya yang menceritakan tentang mahasiswa yang sedang KKN di sebuah desa mereka pun juga mengalami kejadian kejadian horor.

Adapun lokasi yang menjadi latar cerita tersebut disamarkan dengan menggunakan nama ‘Desa Penari’. Kisah yang menceritakan sosok Ayu, Nur, Widya, Wahyu, Bima, dan Anton

Kisah tersebut memang membuat bulu kuduk bergidik. Bahkan, imajinasi membaca cerita horor seperti KKN di Desa Penari ini tak jarang membuat pembacanya terbayang-bayang dan merasa takut.

Buat novel
Setelah ramai di media sosial, kisah KKN di Desa Penari diterbitkan menjadi novel pada September 2019. Novel tersebut dikeluarkan oleh Penerbit Bukune dan editor novel KKN di Desa Penari, MB Winata membenarkan hal tersebut.

Naskah telah diproses sejak satu bulan yang lalu. Mengenai kisah yang dituangkan di buku, ia mengatakan, ada penyesuaian dari kisah yang dibagikan SimpleMan di Twitter.

Diadaptasi menjadi film

Produser Manoj Punjabi membenarkan bahwa MD Pictures akan menggarap cerita KKN di Desa Penari. Manoj berujar, salah satu alasan pihaknya membuat film dari cerita horor tersebut karena animo masyarakat yang sangat tinggi. “Yang menarik penontonnya, masyarakat punya animo,” ungkap Manoj.

Ia mengatakan cerita horor yang di angkat lewat twitter menarik untuk di jadikan film, karena antusias warga net yang sangat banyak untuk membaca cerita tersebut.

Rumah produksi MD Pictures bersama Dee Company menargetkan film horor KKN di Desa Penari tayang pada kuartal pertama di 2020 alias tiga bulan pertama.

“Targetnya first quarter next year 2020. Awal 2020,” kata produser Manoj Punjabi

Berdasarkan target tersebut, Manoj membidik jadwal syuting film yang diadaptasi dari cerita yang viral di media sosial itu terlaksana pada November 2019.

Manoj ingin gerak cepat lantaran film ini dinanti beberapa sutradara dan mempunyai potensi yang bagus.

Sutradara banyak yang berminat

Manoj menjelaskan bahwa sejak MD Pictures akan menggarap film ini, banyak sutradara yang mengajukan diri. Manoj amat senang, namun ia juga harus selektif memilih sutradara tersebut.

“Jadi menarik sekali antusias sutradara mau ambil cerita. Saya enggak bayangkan sampai mau seantuasias ini,” ungkap Manoj.

Syarat dari SimpleMan

SimpleMan, penulis sekaligus yang mempublikasikan cerita horor KKN di Desa Penari, mengajukan syarat kepada rumah produksi MD Pictures.

Manoj Punjabi mengatakan, SimpleMan ingin identitasnya dirahasiakan setelah terjadi pertemuan dengan tim kreatif MD Pictures.

“Dia (SimpleMan) ingin identitasnya dirahasiakan. ‘Saya enggak mau nongol di press conference’,” kata Manoj. Selama ini, lanjut Manoj, setiap kontrak kerja antara MD Pictures dengan pihak lain dalam produksi film ada ketentuan bahwa semua pihak terlibat dalam jumpa pers dan promo film.

Menurut penjelasan Manoj, ia tidak mewajibkan SimpleMan untuk ikut promosi. Kecuali kalau nanti SimpleMan sudah siap untuk hadir di waktu selanjutnya.

Meski begitu, SimpleMan akan ikut serta dalam mengawal dan memberi masukan dalam proses penggarapan skenario dan kegiatan syuting..

Jadi untuk kalian warga Twitter yang dari awal sudah membaca thread KKN di Desa Penari,jangan lupa untuk nonton film nya yang akan di bintangi oleh Tissa Biani sebagai Nur, Adinda Thomas sebagai Widya, Aghniny Haque sebagai Ayu, Ahmad Megantara sebagai Bima, serta Calvin Jeremy sebagai Anton.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here