Dibalik Rasanya yang Pahit, Inilah Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan Tubuh

1
40

Channel EMahkota dewa yang memiliki nama ilmiah Phaleria macrocarpa adalah salah satu tanaman khas Indonesia. Tanaman ini menghasilkan buah yang berwarna merah terang ketika sudah masak. Buah mahkota dewa tidak umum dikonsumsi, tapi sering digunakan sebagai herbal.

Mahkota dewa banyak digunakan sebagai obat herbal karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Mahkota dewa memiliki kandungan alkaloid, saponin, dan polifenol jenis flavonoid. Cara menggunakan mahkota dewa yang paling umum adalah dengan mengeringkan buahnya, setelah itu buah yang sudah kering bisa diseduh untuk kemudian diminum.

Kita beruntung tinggal di Indonesia yang kaya akan berbagai tanaman obat. Untuk berbagai keluhan kesehatan maupun penyakit yang diderita seolah sudah tersedia obatnya di alam. Dan salah satu tanaman obat yang terkenal ampuh dalam mengobati berbagai penyakit ialah mahkota dewa. Apa sajakah manfaat mahkota dewa bagi kesehatan Anda?

Mengatasi nyeri haid

Mengutip dari berbagai sumber, mahkota dewa memiliki kandungan antioksidan kuat seperti flavonoid, folifenol, saponin, tanin, terpenoid, dan alkaloid yang berlimpah.

Berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan dalam ekstrak buah dari tanaman herbal ini bersifat antiradang yang berpotensi mengobati nyeri haid

Secara umum, kekuatan efek antiradang dari ekstrak buah ini bisa berbeda tergantung dosis yang ditentukan setiap produknya.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Keberadaan racun dalam tubuh bisa menyebabkan masalah. Salah satu contohnya adalah adanya racun dalam sistem pencernaan yang dapat menyebabkan diare. Manfaat mahkota dewa adalah dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal ini lah yang membuat mahkota dewa baik untuk detoksifikasi tubuh dan mengatasi gejala keracunan.

Mengatasi gejala asam urat

Penyakit asam urat dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada beberapa titik sendi dalam tubuh. Sebagai pereda nyeri, manfaat mahkota dewa adalah meredakan rasa nyeri pada sendi.

Namun tidak hanya sampai di situ saja, kandungan polifenol dalam mahkota dewa juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang menjadi pemicu kambuhnya asam urat.

Membantu menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa buah mahkota dewa dapat membantu menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Penelitian tersebut melaporkan flavonoid dalam buah ini diyakini dapat membantu melemaskan pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.

Sayangnya, penelitian ini masih dilakukan dalam skala yang sangat kecil. Maka dari itu, dibutuhkan banyak penelitian lanjutan untuk memastikan khasiat tanaman herbal ini dalam menurunkan tekanan darah para penderita hipertensi.

Selain itu, masih terdapat juga beberapa manfaat mahkota dewa yang membutuhkan penelitan lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. Jika ingin menggunakan mahkota dewa sebagai pengobatan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter sebelumnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here