Tiga Mahasiswa dari Hubei China Tak Lewati Prosedur karantina

1
53

Channel E – Dunia sedang diguncang dengan berita mewabahnya virus corona atau Novel Coronavirus (nCov) yang pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Virus misterius ini pada awalnya muncul di pasar ikan dan hewan yang terletak di Wuhan dan terus menyebar ke kota-kota bahkan hingga negara-negara lainnya.

Akibatnya, WHO telah mendeklarasikan virus corona dengan status gawat darurat. Hal tersebut membuat Pemerintah Indonesia akhirnya turun tangan untuk melakukan proses evakuasi terhadap warganya yang masih terjebak di wilayah Hubei.

Tiga mahasiswa asal Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali ke Tanah Air tanpa melalui prosedur karantina oleh pemerintah pusat. Tiga mahasiswa tersebut merupakan bagian dari 10 mahasiswa asal Konawe Utara yang menempuh studi China.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, La Ode Aminuddin menyatakan, tiga orang mahasiswa yang telah pulang pekan lalu bernama Putri Yocphita Tri Resky, Aziza Arista Widya dan Fingki Dwi Salas.

Ketiganya kuliah di Hubei University of Arts And Science dan tinggal di Kota Xiangyang, Provinsi Hubei.

“Mereka sekarang sudah berada di Konawe Utara dan pulang minggu lalu,” katanya, Minggu (2/2).

Dia menjelaskan di saat kabar virus corona mewabah di negeri tirai bambu itu, Bupati Konawe Utara Ruksamin menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk segera berkoordinasi dengan kampus tempat mahasiswa Konut kuliah.

Hasil dari koordinasi itu, hanya tiga mahasiswa yang pulang. Namun demikian, ketiganya diduga tidak sempat dikarantina saat pulang di Kendari Sulawesi Tenggara.

“Sebenarnya mereka masih aman-aman karena jarak tempat tinggal mereka dengan Kota Wuhan sekitar 200 kilometer. Namun dengan petunjuk KBRI, maka mereka pulang lebih awal,” kata dia.

Sementara, tujuh orang mahasiswa asal Konut lainnya masih berada di China, tepatnya di Kota Chifeng. Ketujuh mahasiswa itu adalah Nurfaizah Haling, Aswia, Made Feni Wihandayani, Valentinus Teko, Fadhillah Ma`ruf Ibrahim, Muthiah Damayanti dan Siska Ayu Lestari. Mereka kuliah Chifeng University.

Menurut Aminuddin, ketujuh mahasiswa asal Konut itu masih enggan pulang ke Tanah Air karena tempat mereka tinggal masih aman dari virus corona.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here