Channel E – Meski tak sesering dimasak untuk menu makanan sehari-hari, hidangan bakar tetap menjadi makanan pilihan dan nikmat disantap di segala waktu.

Seperti hidangan bakar Nusantara berikut ini. Meski cara memasaknya sama-sama dibakar, bahan maupun resep pembuatannya berbeda lho! Yuk, kita tengok ada hidangan apa saja?

1. Panggang Pacak

Gambar Istimewa

Baik menggunakan ikan kakap maupun ikan segar lainnya, panggang pacak adalah hidangan bakar yang umumnya dikonsumsi oleh masyarakat Sibolga, Sumatera Utara.

Sebelum dibakar, ikan dilumuri terlebih dahulu dengan garam dan jaruk nipis. Setelahnya ikan dibalut dengan bumbu rempah-rempah dan santan, yang kemudian dibakar.

2. Ayam Paniki

Gambar Istimewa

Sama halnya dengan panggang pacak, ayam yang telah dipotong menjadi beberapa bagian dilumuri terlebih dahulu dengan garam, merica, dan perasan jeruk nipis.

Hidangan bakar asal Maluku ini ditumis dulu ke dalam wajan yang berisi bumbu dan santan, hingga permukaannya terlihat tebal yang kemudian dibakar.

Rasanya yang meresap luar dalam, ayam paniki nikmat banget disantap bersama nasi hangat dengan sambal.

3. Sate Bandeng

Gambar Istimewa

Hidangan bakar yang sekaligus jadi oleh-oleh khas Banten, ini juga nikmat disantap di segala waktu meski cara membuatnya perlu perhatian ekstra karena daging ikan bandeng akan dikeluarkan tanpa merusak kulitnya.

Daging bandeng nantinya ditumis bersama bumbu rempah, santan, dan kelapa parut yang telah disangrai. Ketika adonan daging telah matang, dimasukkan kembali ke dalam dan luar kulitnya kemudian dibakar dengan tusukan bambu.

4. Iga Bakar Bumbu Bali

Gambar Istimewa

Kelezatan kuliner khas Bali tak pernah ada habisnya untuk dibahas. Iga bakar bumbu bali, salah satunya. Buat yang suka banget sama olahan berbahan sapi, jangan sampai tidak pernah mencicipi hidangan bakar Nusantara yang ini!

Iga bakar bumbu bali, cukup mudah untuk dibuat. Sebelum dibakar, iga direbus terlebih dahulu hingga setengah matang.

Iga yang setengah matang direbus kembali dengan bumbu yang telah ditumis serta tambahan tomat dan kecap manis, hingga airnya terlihat mengering atau daging iga nampak empuk kemudian dibakar.

5. Sate Buntel

Gambar Istimewa

Terkenal dari kota Solo, hidangan bakar Nusantara ini menggunakan daging kambing cincang sebagai bahan utamanya yang dicampur bersama bumbu.

Adonan sate yang telah rata dengan bumbu direkatkan ke tusuk sate hingga padat bentuknya, kemudian dilapisi dengan lemak kambing lalu dibakar.

Sate buntel kian nikmat karena keberadaan pelengkapnya yang sempurna seperti saus kecap, irisan kol, bawang merah dan tomat segar.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here