Channel E – Willy Wonka adalah salah satu film ikonik yang bercerita tentang anak-anak yang diajak berkeliling pabrik cokelat. Kini film tersebut tak hanya bisa dinikmati di layar kaca, sebab beberapa tempat di dunia juga membuka pabrik cokelatnya untuk tempat wisata seperti melakukan tur, diajak untuk melihat proses pembuatan, sejarah, hingga meramu cokelatnya sendiri.

1. Maison Cailler, Switzerland

Gambar Istimewa

Cailler adalah merek cokelat ternama yang ada mulai dari tahun 1800-an. Cailler menyediakan tempat bagi penggemar cokelat untuk berkeliling menikmati proses pembuatan cokelat. Cailler memberi nama Maison Cailler yang terletak di Broc, Swis.

Di Maison Cailler pengunjung akan diberikan tur selama 1 jam untuk menelisik sejarah cokelat hingga sekarang. Tak hanya berkeliling, pengunjung juga diajak untuk membuat cokelatnya sendiri dengan berbagai pilihan isian.

Buka mulai jam 10 pagi hingga 5 malam, untuk mengikuti tur ini dikenakan biaya CHF 12-15 atau sekitar 170-213 ribu rupiah.

2. Max Brenner, New York

Gambar Istimewa

Max Brenner adalah sebuah rumah cokelat yang penuh dengan beragam jenis cokelat. Tak hanya di New York, Max Brenner juga ada di Australia, Israel, dan Rusia. Toko cokelat ini tak hanya menyajikan cokelat tapi ada juga pizza cokelat, fondue cokelat, praline, es krim dan berbagai bentuk dan cita rasa terbuat dari cokelat.

Toko ini terletak di 841 Broadway dan 141 Second Avenue dengan variasi cokelat dengan harga sekitar 4,75-13,75 dolar atau setara dengan 65-200 ribu rupiah.

3. Hot Chocolate, Italia

Gambar Istimewa

Pencinta cokelat Eropa pasti mengetahui Turin sebagai tempat yang tepat untuk menikmati cokelat tersebut. Apalagi untuk bulan Februari, akan menjadi bulan yang tepat untuk berkeliling Turin demi berbagai macam cokelat.

Beberapa tempat rekomendasi cokelat enak adalah Guido Gobino dengan produk andalan di antaranya cremino dengan pasta hazelnut, garam laut, dan minyak zaitun. Ada juga Guido Castagna dengan produk andalan cokelat Madagaskar.

4. Sachertorte, Vienna

Gambar Istimewa

Jika ingin merasakan cokelat autentik yang sudah ada pada zaman kerajaan, Sachertorte adalah tempat yang tepat. Toko kue ini menyajikan kue sponge cokelat dengan selai aprikot dengan glasir dan cokelat yang menggoda.

Pembuat kue tersebut bernama Franz Sacher yang membuat kue tersebut pada tahun 1832. Kue tersebut dibuat khusus untuk Pangeran von Metternich dan teman-temannya di mana pada akhirnya kue tersebut menjadi terkenal dan ikonik.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here