Mitos Atau Fakta, Kacang dapat Menyebabkan Wajah Berjerawat?

1
66

Channel E Jerawat biasa tiba-tiba muncul dan membuat risau banyak orang. Tumbuhnya jerawat bisa membuat dampak yang besar, misalnya tidak percaya diri. Kalau sudah begini, Anda mungkin jadi menyalahkan makanan yang dikonsumsi. Salah satunya adalah kacang. Masalahnya, banyak yang bilang kacang bikin jerawatan.

Kacang sering disalahkan sebagai biang kerok jerawat. Tak sedikit orang yang jerawatan pun menghindari kacang karena takut jerawat makin parah. Benarkah kacang bikin jerawatan?

Penelitian yang dilakukan American Academy of Dermatology and the Journal of the American Medical Association mengungkapkan, diet tidak bertanggung jawab terhadap jerawat.

Namun, studi lain yang dimuat di Dermato-Endocrinologi menyatakan sebaliknya. Peneliti menemukan, pola makan yang tinggi glikemik, lemak, dan konsumsi susu serta daging memainkan peran penting dalam timbulnya jerawat.

Di satu sisi, kacang sulit dicerna karena tinggi protein dan lemak. Ketika protein dan lemak tersebut tak dicerna dengan baik, sistem kekebalan tubuh akan membuat antibodi. Antibodi tersebut akan meradangkan kelenjar sebasea kulit dan membuat jerawat.

Jerawat juga diyakini dapat muncul akibat alergi kacang. Karena itu, jika mencurigai jerawat Anda timbul karena kacang, sebaiknya hindari 1–2 bulan lalu lihat perubahannya.

Salah satu cara aman yang dapat dicoba untuk mengonsumsi kacang adalah dengan memanggangnya ketimbang memakan mentah. Proses pemanggangan ini dapat menguraikan beberapa protein pada kacang.

kalau Anda makan kacang-kacangan yang diolah dengan cara digoreng, kadar lemak jenuhnya tentu jadi tinggi. Ini karena minyak yang digunakan untuk menggoreng mengandung lemak jenuh. Nah, mengonsumsi gorengan, termasuk kacang goreng, dalam jumlah berlebihan memang bisa memicu masalah pada kulit seperti jerawat.

Jerawat sendiri Juga timbul karena adanya minyak berlebih pada wajah yang menutupi lubang pori-pori, penggunaan kosmetik berlebihan yang dapat menutupi pori-pori, konsumsi obat-obatan baik berupa krim atau yang diminum, telepon genggam, stres, dan lain sebagainya.

Jadi, penelitian-penelitian seputar Kacang bikin jerawatan ini masih kontradiktif. Agar tetap aman dari jerawat, hal yang terpenting adalah memilih makanan yang tepat serta menghindari konsumsi makanan pemicu dalam jumlah berlebihan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here