Channel E Daun sirih sering dijumpai sebagai tanaman hias di banyak rumah. Selain jadi tanaman hias, daun sirih juga dikenal sebagai tumbuhan punya banyak manfaat. Tanaman ini punya daun yang lebar dan biasa tumbuh menjulur atau menjalar. Daun sirih  punya banyak manfaat kesehatan. Daunnya penuh dengan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten yang merupakan sumber kalsium yang bagus, tanning, saponin, eugenol, dan beragam jenis minyak esensial.

Daun yang termasuk ke dalam keluarga tanaman Piperaceae ini berwarna hijau gelap dan berbentuk hati. Sirih sering dibudidayakan di Sri Lanka, India, Malaysia, Afrika Timur, Filipina, dan Indonesia. Jauh sebelumnya, di India bahkan sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak 400 SM. Tanaman merambat ini memiliki rasa yang kuat, menyengat, dan beraroma khas.

Nah, apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan? Berikut rangkuman dari berbagai sumber mengenai manfaat daun sirih untuk kesehatan

1. Membantu mengatasi mimisan

Gambar Istimewa

Khasiat daun sirih yang satu sudah tidak asing digunakan karena sering digunakan untuk mengatasi mimisan. Cara kerja daun sirih menyembuhkan mimisan mirip dengan bagaimana daun ini menyembuhkan luka.

Kandungan antioksidan tannin dalam daun sirih berguna untuk mempercepat respon tubuh dalam menyembuhkan luka yaitu dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

2. Meredakan asma

Gambar Istimewa

Asma merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat peradangan. Daun sirih memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat mengobati dan mencegah asma kambuh.

Penelitian telah menemukan bahwa aktivitas antihistamin daun sirih dapat menurunkan kasus asma bronkial. Selain itu, minyak sirih dan polifenol yang ada dalam daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan asma.

3. Mengurangi asam lambung

Gambar Istimewa

Selain Meredakan Asma, manfaat daun sirih adalah mengobati radang atau asam lambung. Penyakit asam lambung merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Daun sirih dapat menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi lendir lambung (faktor penting yang melindungi terhadap agen penyebab maag) dan mengurangi volume sekresi asam lambung. Fitokimia dan polifenol yang ada dalam daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti-ulserogenik yang melindungi lapisan dalam usus terhadap racun dan iritasi lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat daun sirih yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, khasiat daun sirih seperti yang dijelaskan di atas membutuhkan banyak penelitian lanjutan. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar proses penyembuhan penyakit lebih tepat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here