Channel E – Kanker adalah salah satu penyakit yang bisa mematikan dan paling ditakuti oleh banyak orang. Sayangnya, masih sedikit pengetahuan masyarakat tentang cara menjaga kesehatan dengan benar demi menghindari kanker.

Di tambah lagi dengan banyaknya mitos seputar makanan pemicu kanker. Dalam menyambut Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Aru Wisaksono Sudoyo lantas meluruskan beberapa mitos yang salah tentang makanan pemicu kanker itu.

Apa saja ? Berikut macam nya

gambar istimewa

Mi Instan
Tidak sedikit orang yang percaya kalau mie instan harus dihindari lantaran bisa menyebabkan kanker. Padahal hal tersebut tidak benar. Aru mengatakan bahwa belum ada penelitian apapun yang membuktikan mitos tersebut.

“Yang ada, mi instan itu kurang bergizi karena hanya tinggi karbohidrat saja. Bukan menyebabkan kanker,” ungkap nya.

MSG
MSG (monosodium glutamat) atau yang lebih akrab disebut micin ternyata juga tidak menyebabkan kanker. Layaknya mi instan, Aru mengatakan bahwa belum ada penelitian yang membuktikan MSG bisa memicu kanker.

Mungkin, ini hanya persepsi masyarakat yang selalu mengaitkan MSG dengan kerusakan otak. “Penggunaan micin yang berlebihan memang dapat mengganggu saraf di otak, tapi dia tidak bisa merusak DNA sel sehingga menyebabkan kanker,” ungkap nya.

Gula
Mengkonsumsi gula berlebihan juga sering dihubungkan dengan kanker. Padahal menurut Aru, gula mungkin bisa menyebabkan kanker namun bukan menjadi faktor utama.

Dalam artian, gula yang dikonsumsi secara berlebihan dan didukung dengan gaya hidup malas berolahraga bisa meningkatkan lemak. Lemak pun membuat seseorang menjadi obesitas.

“Obesitas ditandai juga dengan penumpukan racun yang bisa menyebabkan inflamasi, diabetes, hipertensi, bahkan pertumbuhan sel kanker,” katanya.

Sebagai informasi Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh . Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.

Kanker itu penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker sering menyebabkan kematian karena umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya.

Sehingga baru terdeteksi dan diobati setelah mencapai stadium lanjut. Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan skrining atau cek kesehatan secara berkala, agar kanker dapat terdeteksi secara dini untuk mencegah kanker, jalani pola hidup yang sehat.

Yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, tidak merokok, dan tidak minum alkohol.

Jadi mitos kalau ada yang mengatakan bahwa Mie Instan bisa sebabkan kanker, karena pada dasar nya segala penyakit bisa datang saat seseorang tidak bisa menjaga pola hidup nya.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here