WNI Tertular Virus Corona dari Majikannya di Singapura

1
77

Channel E – Warga Negara Indonesia ( WNI) yang terinfeksi virus corona di Singapura dilaporkan tertular dari majikan yang juga terpapar.

Empat yang tertular virus corona termasuk dua orang yang bekerja di Yong Thai Hang, toko produk kesehatan dengan pembeli banyak turis China, serta seorang tenaga kerja Indonesia yang bekerja untuk salah seorang perempuan Singapura itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, meyakinkan TKI di Singapura dan terkonfirmasi terjangkit Virus corona, akan menjalani pengobatan di Singapura sampai sembuh.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengimbau semua pekerja migran Indonesia di Singapura untuk tetap tenang menyikapi seorang pekerja WNI di sana yang positif terjangkit virus corona.

“Ini musibah ya. Tapi anak-anakku pekerja di Singapura jangan panik. Tetap waspada, kurangi keluar rumah kalau tidak perlu sekali. Sedia stok masker sebanyak-banyaknya. Sekali lagi jangan panik.” kata Ida dalam keterangan resmi.

Pemerintah berdasarkan Personal Data Protection Act, belum dapat menyampaikan identitas WNI tersebut. Yang baru diketahui sejauh ini adalah Tenaga Kerja Indonesia berjenis kelamin perempuan berusia 44 tahun itu kemudian tidak meninggalkan rumah, dan baru dilarikan ke rumah sakit keesokan harinya

“Beri pengertian kepada majikan bahwa kita harus sama-sama mengurangi resiko tertular. Kalau jenis pekerjaan kalian beresiko, ya bicaralah dengan majikan baik-baik, ” lanjut Ida.

Ida berkata WNI yang terpapar virus corona di Singapura saat ini tengah dirawat dan dikarantina di Rumah Sakit Singapore General Hospital.

“Saya sudah minta agar staf teknis memonitor terus perkembangan korban. Meskipun belum boleh dibesuk,” tutur Ida.

Berdasarkan keterangan Staf Teknis di Singapura, Ida memastikan hanya satu WNI atau pekerja migran Indonesia di Singapura yang terpapar virus corona.

Minister Counsellor KBRI Singapura Ratna Lestari Harjana kepada Kompas.com berkata, KBRI telah menerima konfirmasi lisan dari Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengenai kasus ini. KBRI Singapura akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan TKI bersangkutan.

Jumlah kasus pasien terjangkit virus corona yang berujung kematian pada Selasa, 4 Februari 2020 naik menjadi 479 orang. Sedangkan jumlah orang yang terjangkit virus ini juga naik menjadi 16.678 kasus di seluruh dunia, dimana dari total tersebut sebanyak 3.156 kasus terdeteksi di Provinsi Hubei, Cina.

 

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here