Channel E – Film Horor dan thriller kini memang menjadi tontonan favorit semua kalangan. Baik tua, muda, remaja maupun tontonan favorit keluarga. Karena jalan ceritanya yang menarik dan membuat para penonton kagum akan cerita disuguhkan, menjadikan banyak orang tak ragu lagi menyisihkan sebagian waktunya untuk menonton film bergenre horror dan thriller ini.

Namun, tak jarang juga film dengan genre tersebut justru memberikan kesan yang kurang menarik bagi para penonton. Entah karena jalan cerita yang mudah tertebak, atau justru susah untuk dijelaskan dengan akal sehat. Hal itu juga menjadi alasan para penikmat film horror menjadi bosan dan bahkan kecewa ketika menyaksikannya.

Sebetulnya, kedua genre ini, meski kelihatannya sama, tapi punya karakteristik yang berbeda lho KLovers. Tapi, banyak penikmat film horror dan thriller yang semakin lama semakin kurang tertarik dengan adegan-adengan yang lama-lama semakin membosankan. Hal tersebut berpengaruh pada penurunan peminat penonton akan film horror dan thriller ini.

Sedikit menggemaskan memang, padahal sudah tahu  rumah itu berhantu, sudah banyak tanda-tanda dan peringatkan untuk pergi ke tempat itu apalagi masuk ke rumahnya, tapi entah kenapa pemeran di film itu malah nantangin dan nekat masuk ke rumah berhantu itu. Kadang jalan cerita atau awal mula yang seperti inilah yang mudah ditebak oleh penonton yang menjadi salah satu alasan mereka bosan bahkan hafal akan cerita yang akan terjadi.

Awal mula munculnya konflik masalah, para pemeran datang ke sebuah pondok di tengah hutan yang terkenal akan keangkerannya. Sudah ada hal-hal janggal yang terjadi ketika mereka melakukan perjalanan menuju pondok di tengah hutan angker tersebut, tetapi mereka tidak pernah merasa ragu bahkan takut untuk tetap melanjutkan perjalanan mereka menuju pondok tersebut. Hal inilah yang menjadikan penonton mudah untuk menebak bahkan sampai hafal akan hal-hal yang biasa terjadi pada film – film horror atau thriller yang ada saat ini.

Kebanyakan anak kecil punya teman khayalan. Tapi biasanya di film horor teman khayalan ini adalah pendendam yang suatu saat akan mencoba untuk membunuh seluruh keluarga anak kecil itu.  Tentunya, para orang tua baru menyadari perilaku aneh anak mereka setelah semua sudah terlambat. Kadang, percaya tidak percaya dalam cerita horror, adegan dan alur cerita semacam itu memang sering disuguhkan. Bisa juga diambil dari contoh cerita film horor berjudul DANUR.

Dalam cerita tersebut, seorang pemeran anak kecil bernama Risa yang memang memiliki kemampuan untuk melihat sosok dari dunia lain. Risa sering menceritakan kepada orang tuanya tentang apa yang biasa ia lihat yang tidak bisa dilihat oleh kebanyakan orang. Pada awalnya orang tua Risa menganggap ia hanya bercanda, bahkan orang tua Risa mengira Risa memiliki gangguan mental. Tetapi, setelah semakin banyak kejadian janggal yang terjadi pada Risa dan rumahnya, orang tuanya baru bisa mempercayai apa yang Risa lihat dan Risa ceritakan setelah ditanyakan kepada dukun atau orang pintar.

Parahnya, mereka malah “mencari” asal suara itu sendirian. Mereka selalu membuka pintu larut malam ketika ada seseorang yang mengetuk?! Meskipun merasa takut mereka tetap membukakan pintu dan melihat siapa di luar. Adegan ini menjadi hal yang paling sering terjadi pada film-film horor atau thriller  yang ada. Entah apa alasan adanya adengan yang masih sama, tapi hal itu justru menjadi sangat membosankan bagi para penonton.

Meskipun banyak boneka yang tampak lucu, menonton banyak film horor bisa mengubah persepsi begitu cepat. Tim produksi film horor punya trik tersendiri untuk membuat boneka lucu menjadi sangat menyeramkan. Tak heran jika boneka seram itu semakin membuat penikmat film horor merasa ketakutan. Kadang, boneka yang menurut pemeran adalah boneka yang lucu.

Tapi, tak bisa membohongi mata, bagi penonton dan penikmat film horor maupun thriller pasti boneka itu terlihat sangat menyeramkan. Seperti boneka yang ada pada film SABRINA. Film yang sangat terkenal dan banyak digemari beberapa waktu lalu itu mengundang banyak penonton karena bonekanya yang terkesan menyeramkan namun tetap cantik. Hal itu juga menjadi salah satu contoh bahwa dalam film horor tak hanya pemeran manusia yang dapat berakting menyeramkan, namun benda mati seperti boneka juga bisa.

Biasanya itu berisi tentang kisah dari hantu itu sendiri yang ingin memberi petunjuk tentang keberadaannya. Namun pemeran biasanya tidak mengerti atau bahkan tidak bisa membaca buku-buku itu. Dan karena mereka penasaran biasanya mendatangi tetua yang ada di daerah mereka ataupun paranormal untuk mengetahui isi dari buku itu. Untuk menambah rasa penasaran para penonton, adegan seperti ini biasanya dimunculkan dalam film-film horor. Adegan semacam ini juga diselipkan pada film yang dibintangi beberapa bintang film terkenal seperti Jefri Nichol dan Caitlin Hlderman pada film berjudul DREADOUT baru-baru ini. Yang mana pada filmnya terdapat buku-buku maupun tulisan kuno sebagai bagian penting dalam cerita horor yang ada. Biasanya, hanya orang-orang tertentu saja yang tahu akan arti dan maksud yang tersirat dalam tulisan kuno tersebut.

Penikmat film horor atau thriller pasti sudah tahu, kalau ada adegan pasangan yang sedang melakukan hubungan terlarang, mereka akan celaka. Karena biasanya di film horor waktu yang pas untuk mencelakai seseorang adalah ketika mereka sedang berhubungan seksual, bukan? Hal ini juga banyak disuguhkan pada film-film horor lama yang memberikan pesan agar lebih berhati-hati dalam bertindak atau jika sedang berada dalam suatu tempat yang baru didatangi. Penonton pasti sudah bisa menebak hal-hal celaka yang akan pemeran hadapi jika melakukan hal-hal buruk di suatu tempat yang mistis atau horor.

Salah satu contohnya seperti adengan cerita pada film “Kuntilanak” pada versi lama. Sosok alam lain dihadirkan di dalam cermin yang membuat kaget para penontonnya. Hal yang jelas dapat tertebak namun masih juga membuat para penontonnya kaget ketakutan saat melihat wajah seram sosok yang ada. Hal tersebut memang sukses membuat para penonton ketakutan. Tetapi, membosankan juga jika pada tiap series yang ditayangkan memperlihatkan adegan yang sama.

Nah, beberapa contoh adegan film horor atau thriller di atas benar-benar memang benar-benar ada dan sering kalian lihat bukan? Padahal masih banyak hal-hal atau cerita yang masih bisa diperbarui agar tidak membuat penonton jenuh dan bosan akan adegan-adegan yang disuguhkan pada tiap filmnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here