Manfaat Jamu Kunyit Asam Membantu Turunkan Berat Badan

0
49

Channel E – Jamu adalah obat-obatan yang terbuat dari bahan-bahan alami berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah.

Setiap jamu disiapkan dengan bahan alami yang berbeda untuk berbagai penyakit kesehatan. Satu di antara yang favorit dan banyak dikenal masyarakat adalah jamu kunyit asam. Minuman tradisional berwarna kuning ini terbuat dari kombinasi antara jus kunyit dan larutan asam.

Manfaat kunyit untuk kesehatan memang sudah dikenal sejak zaman dulu. Bahkan, tanaman rempah yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa ini sering dimanfaatkan sebagai obat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit luar maupun dalam.

Kunyit mengandung senyawa kimia bernama kurkumin (curcumin) yang bisa membantu proses penyembuhan pada tubuh.  Ada beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh kunyit :seperti meredakan peradangan, mengobati maag, meredakan nyeri haid, hingga menurunkan berat badan.

Berbicara soal manfaat kunyit untuk menurunkan berat badan, ternyata kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot.

Menurut Caroline Apovian, M.D., professor of medicine and pediatrics di Boston University School of Medicine saat diwawancarai Women’s Health, reaksi ini bisa membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainya akibat berat badan berlebih.

Manfaat kunyit dalam menurunkan berat badan ini ternyata pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal The Journal of Nutrition pada 2009 silam. Hasilnya, tikus percobaan yang diberi makanan diet tinggi lemak bersama dengan suplemen kurkumin selama 12 minggu, tidak mengalami peningkatan berat badan yang signifikan.

Namun, untuk mendapatkan manfaat kunyit ini, Anda harus mengkombinasikannya dengan asam jawa. Sebab, jika dikonsumsi sendiri, kunyit sangat lambat diserap ke dalam darah sehingga tubuh tidak akan merasakan banyak manfaatnya.

Untuk membuat ramuan kunyit asam, caranya rebuslah 750 ml air ke dalam panci, lalu tambahkan 200 gram kunyit bubuk atau kunyit yang sudah diparut. Lalu, masukkan 50 gram asam jawa, ½ sdt garam, dan 50 gram gula jawa. Biarkan campuran tersebut mendidih selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah, saring minuman ke dalam wadah dan sajikan dalam keadaan hangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here