Channel E – Beberapa masyarakat Indonesia masih asing dengan daun binahong yang merupakan salah satu tanaman obat. Manfaat daun binahong sendiri melimbah untuk berbagai kondisi kesehatan. Berasal dari Korea, binahong sudah cukup lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn). Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang dingin dan lembap. Khasiat binahong bahkan bisa untuk vitalitas pria!

Selain mudah ditemukan, manfaat daun binahong juga melimpah untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun binahong?

1. Mengobati luka bakar

Gambar Istimewa

Kita tahu bahwa luka bakar harus mendapatkan penanganan yang cepat. Dari penelitian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu Mengobati Luka Bakar dengan cepat.

Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong.

2. Mencegah diabetes

Gambar Istimewa

Meski bukan salah satu penyakit ganas, namun diabetes masih sangat berbahaya. Hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes sepenuhnya. Sebagai penderita, kita hanya bisa mengendalikan kadar gula darah hingga normal agar tidak menimbulkan komplikasi serius.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Karena sifatnya, manfaat daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

3. Mengobati sesak napas

Gambar Istimewa

Bernapas itu penting dalam kelangsungan hidup manusia. Tetapi apa yang akan terjadi jika kita mengalami gangguan pernapasan atau sesak napas? Tentu itu akan sangat berbahaya. Karena itu, merawat sistem pernapasan sangatlah penting dilakukan.

Menurut penelitian, khasiat daun binahong mampu membersihkan saluran pernapasan terutama lendir di paru-paru yang menyebabkan sesak napas. Selain mampu membersihkan, kandungan antibakterialnya juga efektif membunuh bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan akut.

 

Untuk itu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi daun binahong. Atau coba dalam porsi kecil dan lihat reaksinya pada tubuh. Jika sudah dirasa cocok dan efektif mengatasi keluhan medis Anda, maka manfaat daun binahong bisa Anda rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here