Parasite Menang Film Terbaik Oscar 2020 Pertama di Asia

0
57

Channel E – Film Parasite menjadi pemenang film terbaik di Oscar 2020. Ini sekaligus mengukir sejarah untuk perfilman Asia di pagelaran Oscar pertama kali.

Film “Parasite” yang mengisahkan keluarga miskin di Korea Selatan yang menyusup di rumah orang kaya, memenangkan empat kategori penghargaan. Kemenangan itu membantah anggapan bahwa juri Academy akan mengabaikan film Asia yang diberi teks terjemahan dialog.

Film garapan sutradara Bong Joon Ho dan Han Jin Won ini mengalahkan 8 film lainnya yang juga sangat menarik, yakni Marriage Story, Joker, 1917, Once Open a Time in Hollywood dan lainnya.

“Kami tidak pernah menulis untuk mewakili negara kami, tapi ini sangat pribadi bagi Korea Selatan,” kata Bong saat menerima penghargaan.

Bong juga tak lupa mengucapkan terima kasih untuk istrinya yang bijaksana dan aktor-aktor yang berperan dalam film Parasite.

Sebelumnya, Film yang penuh intrik itu memenangkan kategori Skenario Asli Terbaik (Best Original Screenplay).Film yang dibintangi Song Kang Ho dan Lee Sun Gyun ini adalah film Korea pertama yang berhasil masuk dalam kategori Best Picture di Oscar 2020.

Sedikitnya, Parasite juga menerima enam nominasi, termasuk Best Picture. Beberapa di antaranya Film Terbaik, Naskah Asli Terbaik, Sutradara, Film Editing, Desain Produksi dan International Feature.

Film ini juga sebelumnya telah memenangkan dua penghargaan dari British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) di London beberapa waktu lalu.

“Kami tidak pernah membayangkan hal ini, kami sangat bahagia,” ujar salah satu tim produksi Parasite saat menerima piala Oscar.

Sejak meraih penghargaan Palm d’Or di Festival Film Cannes 2019, Parasite cukup sering menerima penghargaan. Beberapa di antaranya untuk askahnya, termasuk penghargaan Bafta dan Writers Guild atas naskah asli.

Parasite sebenarnya bukan film berbahasa asing pertama yang meraih Oscar untuk naskahnya.

Sebelumnya sudah ada pemenang di kategori ini, seperti Divorce Italian Style, A Man and a Woman dan Talk to Her.

Namun Parasite tercatat sebagai film Asia pertama yang berhasil menembus Oscar di kategori ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here