Channel E – Anemia merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat atau kondisi saat sel darah merah tidak berfungsi dengan baik.

Siapapun dapat terkena penyakit kurang darah ini, namun wanita dikatakan lebih gampang mengalaminya dibandingkan dengan pria.

Salah satu faktor yang memengaruhi nya karena wanita mengalami pendarahan setiap bulan nya saat menstruasi. Kondisi ini akan membuat mereka kehilangan banyak darah.

gambar istimewa

Umumnya, orang-orang yang berisiko anemia akan mengalami kelelahan hebat, lemah, kurang bersemangat hingga pusing serta mual.

Saat menstruasi berlangsung cukup lama maka jumlah darah yang keluar semakin banyak. Tubuh akan semakin kekurangan zat besi.

Untuk itu disarankan bagi wanita memperbanyak konsumsi zat besi baik dari makanan langsung maupun suplemen.

gambar istimewa

Wanita hamil juga rentan mengalami anemia karena memiliki hemoglobin rendah sehingga membutuhkan zat pembentuk hemoglobin yang lebih banyak.

Berikut faktor yang menyebabkan terjadi nya Anemia :

  1. Pola makan kurang vitamin

Kurang nya makan makanan yang berzat besi vitamin B-12, dan folat secara menerus meningkatkan risiko anemia.

  1. Ada nya gangguan usus

Memiliki gangguan usus yang mempengaruhi penyerapan nutrisi di usus kecil kamu (seperti penyakit celiac dan penyakit Crohn) membuat kamu berisiko anemia. Operasi pengangkatan atau operasi untuk bagian-bagian dari usus kecil kamu di mana nutrisi diserap, dapat menyebabkan kekurangan gizi dan anemia.

  1. Menstruasi

Secara umum, perempuan yang belum mengalami menopause memiliki risiko lebih besar mengalami anemia defisiensi zat besi daripada laki-laki dan wanita pasca menopause. Itu karena menstruasi menyebabkan hilangnya sel darah merah.

  1. Kehamilan

Jika kamu sedang hamil, kamu mengalami peningkatan risiko anemia kekurangan zat besi. Karena zat besi kamu harus membantu peningkatan volume darah kamu serta menjadi sumber hemoglobin untuk bayi kamu agar dapat tumbuh.

  1. Keturunan keluarga

Jika keluarga kamu memiliki sejarah dari anemia yang diturunkan, seperti anemia sel sabit, kamu juga mungkin memiliki peningkatan risiko kondisi ini.

Meskipun banyak jenis anemia tidak dapat dicegah, namun memiliki pola makan yang sehat dapat membantu untuk menghindari kekurangan zat besi dan vitamin yang dapat mengarah ke kondisi anemia di masa depan.

Pastikan untuk memiliki pola makan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang penting, seperti zat besi, folat, vitamin B-12, dan juga vitamin C.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here