Channel EIndonesia memang memiliki banyak ragam kuliner yang menarik dari mulai yang biasa sampai yang luar biasa ekstrem. Wonogiri merupakan daerah yang memiliki makanan unik juga ekstrem.

Rica rica bulus, makanan yang di jual di Warung Zolebho, Dusun Kenteng, Ngadirojo Kidul, Ngadirojo, Wonogiri.

Zolebho yang merupakan penjual rica rica daging bulus mengatakan, sejatinya rica-rica bulus ini seperti olahan daging biasa. Daging bulus terlihat seperti kikil atau olahan kulit sapi.

Ada juga yang berserat seperti daging ayam. Saat dimakan, benar saja tekstur dagingnya seperti kikil, yakni kenyal tetapi lebih lembut. Sementara bagian lainnya mirip daging ayam.

Sebenarnya rica-rica bulus rasanya gurih, segar, dan pedas. Apalagi disajikan dengan nasi yang mengepul panas. Namun memang tak semua orang bisa menikmati kuliner ekstrem semacam ini.

Bagi yang suka rasa pedas, rica-rica bulus ini bisa ditambahkan dengan sambal bawang. Rasanya akan meledak di mulut sebab sambalnya sangat pedas.

“Rica-rica bulus ini makanan favorit Didi Kempot. Kalau ada kegiatan di Wonogiri, dia pasti memesan,” ujar Zolebho.

Bulus Kura-kura bersama penyu merupakan hewan berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Hewan yang tergolong ordo Testudinata atau Chelonians ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok (bony shell) yang keras dan kaku.

Hewan yang sekarang sudah termasuk langka ini banyak ditangkap orang karena memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk penyakit paru-paru, seperti: TBC, batuk berdarah, dan batuk yang membuat badan panas dingin, daging kura-kura dapat dimasak dengan diberi bumbu berupa bawang merah, cabe, jahe, kecap, dan minyak. Masak hingga matang lalu makan.

Sedangkan untuk penyakit disentri dan berak darah, daging kura-kura dapat dicampur dengan air gula, lantas ditambah dengan serbuk kapulaga lalu dipanggang hingga masak dan dimakan.

Bukan hanya daging kura-kura saja yang berkhasiat, banyak orang juga mencari minyak kura-kura sebagai obat alternatif. Kegunaan minyak kura-kura adalah

minyak kura-kura juga berkhasiat mengobati berbagai penyakit kulit serta luka bakar pada kulit. Dengan mengoleskannya secara rutin pada kulit yang bermasalah.

minyak ini mengandung beberapa vitamin, seperti: vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang sangat di butuhkan manusia untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here