Channel E – Kota Bandung pastinya menjadi salah satu  kota favorite sebagin orang yang ingin berlibur dan menikmati masa masa liburan dengan suasana Kota Bandung yang sejuk.

Selain itu banyak nya kuliner di sekitar Alun – Alun Kota Bandun. Berikut kuliner yang ada di Alun Alun Kota Bandung

  1. Warung kopi purnama

Warung Kopi Purnama telah berdiri sejak tahun 1930-an. Terletak di Jalan Alkateri, No.22, bagi kamu yang mencari menu sarapan jadul, tempat kuliner legendaris ini b isa jadi pilihan.

gambar istimewa

Arsitekturnya sangat khas masih kental ala zaman Belanda. Dengan penggunaan furnitur serta hiasan dinding klasik, suasana di Warung Kopi Purnama bisa membuat kamu betah berlama-lama.

Salah satu menu andalan di sini adalah roti srikaya-nya. Mereka membuat selai srikaya sendiri dengan resep yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Roti srikaya ini paling cocok dinikmati dengan segelas kopi hitam panas yang menggunakan bubuk kopi Aroma,

Pabrik kopi legendaris yang terletak tak jauh dari Warung Kopi Purnama.

Seporsi roti selai srikaya dihargai Rp 18.000 saja. Harga makanan lainnya pun cukup terjangkau. Mulai dari Rp 15.000 – Rp 45.000 saja. Warung Kopi Purnama buka setiap hari pukul 06.30 – 22.00 WIB.

Warung Kopi Purnama terletak tak jauh dari Alun-alun Bandung. Ruas jalannya agak sempit sehingga jika kamu membawa kendaraan lebih baik diparkir di sekitar area Alun-alun saja.

Untuk menuju ke sana, dari Alun-alun Bandung kamu bisa berjalan kaki ke arah Jalan Alkateri sekitar 10 menit.

 

  1. Sate DJ

Buat kalian penggemar sate, Sate DJ yang unik ini bisa jadi pilihan. Warung sate yang merupakan singkatan dari Sate di Jalan ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman

gambar istimewa

Tidak jauh dari Alun-alun Bandung. Kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai warung ini. Sate DJ jadi salah satu sate yang unik.

Bukannya sate dengan bumbu kecap atau kacang yang akan kamu temukan, tapi sate berbumbu kering.

Ada dua pilihan rasa, yaitu asin pedas dan asin sedang. Bagi kamu yang suka sate taichan, maka rasanya akan mirip seperti itu tapi lebih gurih dan tidak ada rasa asam.

Sate dicelupkan lebih dahulu ke bumbu rahasia. Setelahnya, baru dibakar hingga kering. Rasa satenya sangat lembut dengan potongan yang tipis dan lembut. Ada tiga pilihan daging,

Yaitu sate ayam, sate sapi, dan sate kambing. Jika kamu menginginkan bumbu kacang tambahan, di sini juga tersedia. Untuk harganya sangat terjangkau. Setiap tusuk sate ayam dijual Rp 1.500 saja.

Sementara untuk sate sapi dan sate kambing, dijual Rp 1.700 per tusuknya. Sate DJ juga tidak membuka cabang di tempat lain. Warung ini buka setiap hari pukul 18.00 – 02.00 WIB.

 

  1. Wedang ronde alkateri

Di musim hujan seperti ini, udara Bandung cenderung jadi sangat dingin. Minuman yang cocok untuk menghangatkan badan salah satunya adalah wedang ronde.

gambar istimewa

Wedang ronde adalah sajian yang dipengaruhi sajian China bernama tangyuan. Ronde sendiri adalah bola-bola kenyal dengan isian pasta kacang manis dan disajikan dengan wedang, berupa cairan gula dan jahe.

Wedang Ronde Alkateri telah berdiri sejak 1984. Berlokasi di Jalan Alkateri No.01, Braga, Wedang Ronde Alkateri buka Senin – Sabtu pukul 18.00 – 22.00 WIB dan tak pernah sepi pembeli.

Bola-bola ronde di sini ada yang kecil dan besar. Bola yang kecil tak ada isiannya, sementara yang besar punya isian kacang manis dengan tekstur yang sedikit kasar memberikan sensasi yang berbeda.

Kuahnya juga istimewa, ada pilihan kuah gula putih dan gula merah. Gula merah lebih enak dan populer karena terdapat sensasi gurih ala gula merah yang berbeda.

 

Ada juga yang istimewa di Wedang Ronde Alkateri ini. Larutan jahenya dipisah dari larutan gula sehingga kamu bisa memilih ingin rasa jahe sekuat apa.

Setiap porsi wedang ronde ini dihargai Rp 20.000 dengan pilihan bola-bola ronde dengan gula merah atau putih yang bisa kamu kombinasikan sesuka hati.

 

  1. Sumber hidangan

Di sekitar Jalan Braga kamu bisa menemukan tempat makan klasik bernama Sumber Hidangan. Kamu bisa menemukan berbagai jenis penganan klasik dan jadul. Salah satu jagoannya adalah berbagai pilihan es krim.

gambar istimewa

Salah satu es krim favorit adalah es krim jenis noga. Es krim ini punya rasa manis yang tidak terlalu kuat, ditambah tekstur renyah dari noga yang memberikan sensasi berbeda.

Untuk es krim-nya dijual mulai dari harga Rp 11.500 – Rp Rp 32.000 per porsi. Selain es krim-nya, ada juga pilihan roti dan kue kering. Namun kamu harus memperhatikan dengan benar karena nama menu di Sumber Hidangan banyak yang masih menggunakan bahasa Belanda.

Sehingga lebih baik jika kamu menanyakan dengan rinci pada petugas di sana mengenai detil menu yang kamu ingin coba. Selain makanannya yang masih cukup jadul, arsitektur dari Sumber Hidangan juga masih dipertahankan seperti aslinya.

Ruangan tua ala jaman Belanda dan furnitur dari besi yang sangat klasik. Terletak di Jalan Braga No. 20-22, Sumber Hidangan buka setiap Senin – Sabtu pukul 09.00 – 15.30 WIB.

 

  1. Toko roti sidodadi

Terletak di Jalan Oto Iskandardinata, Toko Roti Sidodadi masih terlihat sederhana khas toko zaman dahulu. Tokonya kecil, sering kali luput dari pandangan jika tak hapal.

gambar istimewa

Apalagi letaknya di tengah-tengah deretan toko yang hampir semuanya masih bergaya lawas. Telah berdiri sejak tahun 1950-an, Toko Roti Sidodadi punya banyak jenis roti jadul.

Salah satu yang biasanya diburu pembeli adalah roti horn yang berbentuk seperti kerucut dengan isian fla penuh.

Roti horn dengan isian vla cokelat rasanya tak terlalu manis jumlah isian fla-nya sangat banyak dan penuh. Selain itu, ada juga roti jagung Jagungnya manis dengan adonan roti yang tebal dan empuk.

Adonan yang tebal dan empuk ini membuat perut terasa cukup kenyang dengan makan satu atau dua roti saja. Harga roti di sini cukup murah, berkisar antara Rp 3.700 – Rp 4.800 untuk roti-roti kecil.

Salah satu yang paling unik dari toko roti ini adalah bungkus rotinya yang bergaya sangat jadul. Berwarna putih dari plastik tipis, dengan tulisan dan gambar berwarna merah menggambarkan wanita yang membawa roti tawar.

Toko Roti Sidodadi buka Senin – Sabtu mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB dan tutup di pukul 15.00 untuk hari Minggu. Biasanya banyak pelanggan setia yang datang pagi-pagi ke toko ini agar dapat menikmati roti yang masih panas.

Untuk mencapai Toko Roti Sidodadi, kamu bisa berjalan kaki dari Alun-alun Bandung selama sekitar 10-15 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here