Mitos dan Fakta tentang Penyakit Diabetes

0
38

Channel E – Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Sebagai salah satu penyakit mematikan, diabetes selalu disoroti oleh para pakar kesehatan. Pasalnya, masih banyak berita yang salah kaprah yang beredar di masyarakat seputar diabetes.

  • . Mitos: Diabetes tidak terjadi karena faktor keturunan
  • Fakta: Memang, faktor utama diabetes adalah gaya hidup yang tidak sehat. Meski demikian, keturunan juga berpengaruh untuk menyebabkan seseorang terkena diabetes. Dalam hal ini, Dante mengatakan apabila ayah atau ibu mengidap diabetes, maka kemungkinan untuk merasakan hal yang sama sebesar 25 persen. Apabila keduanya, akan naik menjadi 50 persen.
  • Mitos: Gula merah, gula aren, dan gula batu lebih sehat daripada gula putih
  • Fakta: Sama sekali tidak benar. Dalam pemaparannya, Dante mengatakan bahwa semua gula pada dasarnya mengandung kalori, entah itu gula merah, gula aren, gula batu, maupun gula putih. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol seluruh penggunaan gula. “WHO menyarankan hanya empat sendok per hari untuk semua jenisnya,” katanya.
  • Mitos: Menghindari diabetes dengan cara tidak makan atau minum gula sama sekali
  • Fakta: Diabetes memang selalu berkaitan erat dengan gula. Meski demikian, apabila ingin mencegah atau mengontrol diabetes, bukan berarti harus menghindari gula. Anda tetap boleh mengonsumsi gula, namun dibatasi. Dante mengatakan bahwa satu potong martabak manis mengandung dua sendok gula. Itu berarti, apabila tidak mengonsumsi gula sama sekali di hari itu, Anda hanya diperbolehkan makan dua potong saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here