Channel E – Bayi yang baru lahir ternyata memiliki beberapa fakta unik. Salah satunya adalah

  1. Menangis tanpa mengeluarkan air mata.

Hal itu terjadi karena kelenjar air mata bayi yang baru lahir belum berkembang secara sempurna. Bayi baru akan menangis dengan mengeluarkan air mata ketika usianya sudah 2-3 bulan. Fakta unik lainnya adalah

  1. Bayi memiliki tanda lahir.

Berdasarkan hasil penelitian, 80 persen bayi yang baru lahir mempunyai tanda tersendiri. Tanda itu muncul saat pembuluh darah kecil di bawah kulit melebar ketika persalinan.

Tanda itu akan hilang ketika bayi berusia tiga tahun. Akan tetapi, beberapa tanda akan tetap di tubuh bayi.

  1. Bayi yang baru lahir mempunyai 300 tulang.

Namun, jumlah itu berkurang menjadi 206 ketika bayi bertambah usia. Sebab, beberapa tulang sudah menyatu. Fakta lainnya adalah

  1. Bayi yang baru lahir tidak memiliki tempurung lutut.

Bayi hanya memilki tulang rawan (kartilago) pada lutut. Tulang tempurung lutut baru muncul saat bayi berusia enam bulan. Fakta unik lainnya adalah

  1. Bayi yang baru lahir sudah bisa mencium, melihat, dan mendengar dengan baik.

Saat baru lahir, kemampuan mendengar bayi belum sempurna, karena telinga tengahnya masih terisi cairan, yang sedikit mengganggu pendengaran. Namun bayi bisa mengenali suara ibunya, suara yang selalu didengarnya paling jelas saat bayi masih berada dalam kandungan.

Oleh karena itu, bayi merespon lebih baik suara ibunya dibanding suara orang lain. Bayi baru lahir yang tertidur pun dapat mengenali suara ibunya hanya satu kata, dan dapat mengaktifkan otak yang berhubungan dengan kemampuan bahasanya.

  1. Memasukkan apapun ke dalam mulut.

Bayi baru lahir terkadang memasukkan jari ke mulutnya. Beberapa bulan kemudian, ketika sudah bisa memegang benda, bayi pun cenderung memasukkan segala benda ke mulutnya.

Menurut penelitian di Prancis menunjukkan bayi yang baru lahir memang memiliki naluri untuk meletakkan segala sesuatu di mulut mereka sebagai bagian dari upaya bertahan hidup. Karena memasukkan sesuatu ke mulut diartikan sebagai kemampuan untuk bisa makan.

  1. Bayi baru lahir akan kehilangan rambutnya.

Saat lahir, seluruh kulit tubuh bayi ditumbuhi rambut-rambut halus, yang disebut lanugo. Rambut-rambut akan rontok secara perlahan, sehingga sering kali tidak disadari. Lanugo akan benar-benar menghilang tidak lama kemudian.

  1. Bayi baru lahir mengenali lagu yang di dengar saat masih dalam kandungan.

Bayi dapat mengenali lagu yng di dengar saat didalam rahim, sampai empat bulan setelah kelahiran. Oleh karena itu, saat bayi sedang rewel bisa dicoba memberikan lagu-lagu yang biasa didengar saat hamil, karena bisa saja membuat bayi lebih tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here