Channel E – Kebanyakan orang mempercayai bahwa adanya lebam atau memar di tubuh karena dijilat makhluk halus, hal ini menjadi kepercayaan setiap orang .

Apakah itu benar? Tentu saja tidak. Memar yang muncul secara tiba-tiba di tubuh muncul karena berbagai faktor, berikut penjelasannya

  1. Faktor usia

Usia yang telah lanjut menjadi salah satu faktor sering munculnya memar secara tiba-tiba di kulit tanpa diketahui penyebabnya. Pada dasarnya, memar muncul akibat pecahnya pembuluh darah kecil hingga menyebabkan darah menyebar ke jaringan bawah kulit.

Seiring bertambahnya usia, lemak yang melindungi pembuluh darah semakin menipis begitu juga jumlah kolagen yang menurun menyebabkan kekuatan kulit menurun. Inilah yang menyebabkan memar sering tiba-tiba muncul pada orang dengan usia lanjut.

  1. Gejala penyakit

Memar yang muncul dengan tiba-tiba juga bisa jadi menjadi salah satu tanda bahwa kamu mengidap penyakit tertentu. Beberapa penyakit yang biasanya ditandai dengan gejala munculnya memar pada kulit, antara lain hemofilia, leukemia, atau diabetes melitus.

  1. Benturan tak disadari

Hal paling sederhana yang bisa dijelaskan saat kamu menemukan memar yang tiba-tiba muncul pada tubuhmu ialah mungkin saja kamu mendapatkan benturan yang tidak kamu sadari ketika sedang melakukan aktivitas. Jadi, lebih hati-hati, ya.

  1. Konsumsi obat obatan tertentu

Jenis obat-obatan tertentu juga bisa jadi salah satu alasan munculnya memar tiba-tiba pada kulit. Jenis obat-obatan, seperti aspirin, warfarin, clopidogrel dan prasurgel merupakan jenis obat yang bersifat sebagai pengencer darah sehingga mampu meningkatkan volume peredaran darah.

Ini bisa menjadi faktor pecahnya pembuluh darah kecil pada tubuh hingga mengakibatkan memar.

  1. Kadar trombosit rendah

Kadar trombosit rendah atau trombositopenia juga bisa menimbulkan memar pada tubuh. Hal ini harus segera ditangani. Selain menimbulkan memar yang muncul tiba-tiba di permukaan kulit, trombositopenia juga dapat menimbulkan pendarahan parah.

Itu tadi alasan memar pada kulit yang kamu tak sadari. Jadi memar karena dijilat setan itu mitos ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here