Manfaat Bawang Putih Kesehatan

 

Foto Istimewa

Menjadi salah satu bumbu dapur favorit untuk menambah aroma dan cita rasa yang kuat pada masakan. Selain sebagai bahan dapur, bawang putih punya banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam 100 gram bawang putih, terdapat sejumlah kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti 4 kalori, 1 gram karbohidrat, 0,2 gram protein, 0,1 gram serat, 5,4 miligram kalsium, 0,1 miligram mangan, 0,9 miligram vitamin C, vitamin B6, flavonoid, selenium, oligosakarida, dan asam amino.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi, bawang putih sering digunakan untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mengutip berbagai jurnal, berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan:

1. Menyehatkan Jantung

Bawang putih bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Manfaat ini paling efektif pada ekstrak bawang putih yang dikeringkan (aged garlic). Ekstrak ini disebut mampu mengurangi plak lunak dan bisa membendung pembentukan plak baru di arteri.

Foto Istimewa

2. Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih bisa menjadi obat bagi penderita hipertensi bahkan khasiatnya sebanding dengan obat hipertensi generik. Berdasarkan penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences disebutkan bawang putih mentah mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik dengan efektifitas yang hampir setara dengan obat atenolol. Manfaat ini bisa didapat lewat kandungan allicin pada bawang putih mentah. Sehingga, lebih mudah diserap oleh tubuh. Bahkan, dalam penelitian lainnya, membuktikan 600-1.500 miligram ekstrak bawang putih punya tingkat efektivitas yang sama dengan obat atenolol dan mampu menurunkan tekanan darah selama 24 minggu.

3. Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian National Center for Biotechnology Information, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat mengurangi risiko terserang berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker perut, kanker pankreas, kanker kerongkongan, kanker paru, kanker lambung, dan kanker prostat. Kandungan bawang putih yang mampu mencegah pembentukan dan penyebaran sel kanker, yakni sulfur aktif, yang bisa diperoleh dari bawah putih mentah. Selain itu, bawang putih mengandung senyawa allicin yang kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antikanker. Dalam jurnal Cancer Prevention Research yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention menemukan, responden yang rutin mengonsumsi bawang putih mentah dua kali seminggu mengalami penurunan risiko kanker paru sebesar 44%. 4. Menurunkan kolesterol Bawang putih merupakan sayuran efektif yang mampu mencegah kolesterol tinggi. Dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan, konsumsi 1-2 siung kecil bawang putih mentah (10 gram) setiap hari selama dua bulan bisa menurunkan kadar kolesterol secara drastis. Manfaat ini bisa diperoleh dari kandungan senyawa allicin pada bawang putih mentah. Untuk mendapatkannnya, bawang putih bisa langsung dikunyah, dipotong, atau ditumbuk.

Baca Juga :  Atasi Batuk Anak Dengan Jeruk Nipis Yang Banyak Khasiatnya

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang Kandungan

flavonoid pada bawang putih berpotensi meningkatkan kesehatan tulang. Merujuk pada Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics, flavonoid mampu meningkatkan pembentukan tulang sekaligus mencegah pengeroposan mineral tulang. Penelitian lain yang menggunakan ekstrak bawang putih yang dikeringkan pada perempuan menopause menunjukan adanya penurunan defisiensi estrogen yang bisa menyebabkan osteoporosis.

5. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan Dalam

Suatu studi menemukan kalau bawang putih ampuh mengurangi infeksi bakteri H.pylori di lambung sehingga bisa menjaga kesehatan saluran penceranaan

Lihat tips-tips kesehatan lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here